Senin, 24 Juni 2019
Skripsi rekayasa lalulintas
ANALISAdanSOLUSIKEMACETANLALULINTASdiRUASJALANKOTA
(StudiKasusJalanImamBonjol-JalanSisingamangaraja)
(Skripsi)
Oleh
CINDYNOVALIA
FAKULTASTEKNIKUNIVERSITASLAMPUNGBANDARLAMPUNG
2015
ABSTRAK
ANALISAdanSOLUSIKEMACETANLALULINTASdiRUASJALANKOTA(STUDIKASUSJALANIMAMBONJOL–JALANSISINGAMANGARAJA)
Oleh
CINDYNOVALIA
BandarLampungmerupakankotayangmemilikiperanpentingdalampendistribusianbarangdariJawamenujuSumateraataupunsebaliknya.Khususperjalanandalamkota,tepatnyadiJalanImamBonjol,perjalananterbanyakumumnyaterjadidisoreharidimanabanyakorangmelakukanpergerakanserentakdiwaktuyangsamadanmenyebabkankemacetan.
Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuitingkatkemacetanyangterjadidanmemberikansolusiuntukmengatasinya,sertamengidentifikasikemacetannyadenganmencarikecepatanarusbebas,hambatansamping,kapasitas,tingkatpelayananjalan,dantundaanpadasimpang.Olehkarenaituperaturanlalulintasolehdinasterkaitsangatpentingdemimenciptakanketeraturanlalulintasyaitusuatupenataanjalurlalulintassepertiruasjalanyangdiharapkanmampumengatasimasalahkemacetan.
Katakunci:kecepatanarusbebas,hambatansamping,kapasitas,tingkatpelayananjalan,tundaanpadasimpang
ABSTRACT
ANALYSISandTRAFFICJAMSOLUTIONofCITYROADS(CASESTUDYOFIMAMBONJOLSTREET–SISINGAMANGARAJASTREET)
By:
CINDYNOVALIA
BandarLampungisacitywhichplaysimportantroleingooddistributionfromJavatoSumatraIslandandsoforth.InBandarLampung,thereisamainstreetnamedImamBonjolStreet.Thisstreethashighrangeoftravelling,especiallyintraffichourattheeveningwherepeopledohighmobilityatthesametime.Thismassivemobilitywillmaketrafficjaminhighintensity.
Theaimoftheresearcharetodeterminetheintensityoftrafficjam,toidentifythetrafficjambydeterminingitsfreeflowvelocity,sidefriction,capacity,levelofroadservice,trafficjamofintersection,andalsotofindthesolutiontosolvethoseproblems.TheroleofMinistryofTransportationisneededtodecidethetrafficregulationforthesakeoftrafficsafety.Aneffortwhichcanbeimplementedistrafficarrangementwhichcanovercometrafficjamproblem.
Keywords:freeflowvelocity,sidefriction,capacity,levelofroadservice,trafficjamofintersection
ANALISAdanSOLUSIKEMACETANLALULINTASdiRUASJALANKOTA(STUDIKASUSJALANIMAMBONJOL–JALANSISINGAMANGARAJA)
Oleh
CINDYNOVALIA
Skripsi
SebagaiSalahSatuSyaratuntukMencapaiGelar
SARJANATEKNIKPada
JurusanTeknikSipil
FakultasTeknikUniversitasLampung
FAKULTASTEKNIKUNIVERSITASLAMPUNGBANDARLAMPUNG
2016
'
..
:ANDANSOLUSI(!RJ'ANI.Ar.u·
I.JNTASDIRUA&JAi.ANICOTA
(StadiKast•sJalanl111a1nBonjol-Jalan
Sisinga•n•ngaraja)
:CINDYNOVALIA
orPokokMahasiswa:1115011018JI.·
•
•:SlTeknikSipil
:Teknik
MENYETUJUI,
.,,..
1.KomisiPembimbing
D.RahayuSulistyorini,S.T.,M.T.
P.19741004200032002
Sasanra,S.T.,M.T.
NIP.161112000031002
2.KetuaJurusanTeknikSipil
GatotEkoSusllo,S.T.,M.Sc.Ph.D.
NIP.197009151995031006
"'I
MENGESAHKAN
1.TimPenguji
Ketua
.P
:Dr.RahayuSulistyorini,S.T.,M.T.···························
•
Sekretaris:SasanaPotra,S.T.,M.T.
Penguji
BukanPembimbing:Ir.DwiHerianto,M.T.•••••••••••••••••••••••••••••
ProftDrs.Suharno,M.Sc.,Ph.D.-
NIP.'196207171987031002
TanggalLulusUjianSkripsi:22April2016
LEMBARPERNYATAAN
..
Denganinimenyatakandengansebenamyabahwa:
.SkripsidenganjudulANALISAdanSOLUSIKEMACETANLALULINTAS
diRUASJALANKOTA(STUDIKASUSJALANIMAMBONJOL--
-
JALANSISINGAMANGARAJA)adalahkaryasayasendiridansayatidak
melakukanpenjiplakanataupengutipanatasRaryapenulislaindengancara
..·angtidaksesuaitataetikailmiahyangberlakudalammasyarakatakademik
arauyangdisebutplagiarisme,
Hakintelektualataskaryailmiahinidiserahkansepenuhnyakepada
niversitasLampung.
IL-"'.......,~pemyataanini,apabiladikemudianharitemyataditemukanadanya
.CS.:tlio'idakbenaran,sayabersediamenanggungakibatdansanksiyangdiberikan
keoadasayadansayasanggupdituntutsesuaihukumyangberlaku.
BandarLampung,April2016
~
PembuatPemyataan
•
CindyNovalia
RIWAYATHIDUP
PenulisdilahirkandiKotaBandarLampungpadatanggal6
November1993.MerupakananakpertamadaritigabersaudaradaripasanganBapakMuhlisiNalahuddin,S.T.,danIbuNaniNuryati.
PenulismemulaijenjangpendidikandariSDNegeriISidodadipadatahun1999danmelanjutkankejenjangsekolahSMPNegeri10BandarLampungpadatahun
2005hinggaluluspadatahun2008.KemudianmelanjutkankeSMANegeri9
BandarLampungdanluluspadatahun2011.
PenulisterdaftarsebagaimahasiswaFakultasTeknik,JurusanTeknikSipil,UniversitasLampungmelaluijalurPenerimaanMahasiswaSNMPTnUndangan.SelamamenjadimahasiswapenulisaktifdiorganisasiHimpunanMahasiswaTeknikSipil(HIMATEKSUNILA)2013.
Padatahun2014penulismelakukanKerjaPraktikpadaProyekPembangunanIBIDarmajayaBandarLampung.PenulisjugatelahmelakukanKuliahKerjaNyata(KKN)diDesaNegeriKelumbayan,KecamatanKelumbayan,diKabupatenTanggamusselama40haripadaperiodeJanuari–Maret2015.
MOTTO
Ifyoufallathousandtimes,standupmillionsoftimesbecauseyoudon’tknow
howcloseyouaretosucces!!!
^.^
PERSEMBAHAN
“Bismillahirrahmanniraahim”
Sekripsiinisayapersembahkankepadakeduaorangtuayangtelahmembantudalammemberikandukunganmateridanmoral.Kepadakakak-adiksayayangtercinta,danteman-temanyangselalubersamasaya,terimakasihsemuaatasdukungannya.
SANWACANA
PujisyukurkehadiratAllahSWT.atasberkatdanRahmatnyasehinggaPenulisdapatmenyelesaikanTugasAkhir(Skripsi)yangberjudul“AnalisadanSolusiKemacetanRuasJalanKota(StudiKasusJalanImamBonjol–JalanSisingamangaraja)”yangmerupakansalahsatusyaratakademismenempuhpendidikandiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasLampung.
Diharapkandengandilaksanakanpenelitianini,Penulisdapatlebihmemahamiilmuyangtelahdiperolehdibangkukuliahsertamenambahpengalamandalamduniakerjayangsebenarnya.SelainituPenulisjugaberharapskripsiinibisamenjadireferensibagipembacatentangsolusikemacetandikotaBandarLampung.
Banyakpihakyangtelahmembantupenulisdalammenyelesaikanskripsiini,penulisinginmengucapkanterimakasihkepada:
1.BapakProf.Drs.Suharno,M.sc.,Ph.D.,selakuDekanFakultasTeknik
UniversitasLampung.
2.BapakGatotEkoSusilo,S.T.,M.Sc.,Ph.D.,selakuketuajurusanTeknikSipil
FakultasTeknikUniversitasLampung.
3. BapakDr.RahayuSulistyorini,S.T.,M.Tselakudosenpembimbing1atasmasukandanbimbinganyangdiberikanselamapenyusunanskripsiini.
4. BapakSasanaPutra,S.T.,M.T.selakudosenpembimbing2atasmasukandanbimbinganyangdiberikanselamapenyusunanskripsiini.
5. BapakIr.DwiHerianto,M.T.,ataskesempatannyauntukmengujisekaligusmembimbingpenulisdalamseminarskripsi.
6. BapakIr.NurArifainiM.S.,selakupembimbingakademisyangtelahbanyakmembantudalamperjalanperkuliahselamaini.
7.BapakdanIbuDosenJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitas
Lampungatasilmubidangsipilyangtelahdiberikanselamaperkuliahan.
8. Keluargakuterutamaorangtuakutercinta,BapakMuhlisiNalahuddinS.P.,danIbuNaniNuryatisertaadikkesayangankuAleezaMonicadanRicoValentinobesertakeluargayangtelahmemberikandoronganmaterildanspiritualdalammenyelesaikanperkuliahanini.
9. KepadatemanskripsiNovriYantiPurbaTanjung,yangmenemanidariawalhinggaahirdalammengerjakanskripsiini.Teman–temanPowerPuffyangselalumembantudalamprosespengerjaanskripsiyaituTutiAlawiya,JefriAgusHidayat,KhoiruNi’mah,AgungSatriaKurniawan,HariBarkahS.T,danSuhardiS.T.Danjugaadik–adiktingkat2013yangtelahbanyakmembantupenelitianini.
10.Sertateman–temandanrekan–rekantekniksipil,kakak–kakak,adik–adiksertayangpalingutamaangkatan2011yangtidakbisasayasebutkansatupersatuuntukbantuanmoril,tempat,waktu,doadandukungannyaselamainisayamengucapkanterimakasihbanyaksemogakitasemuatetapkompakdansuksesselalu.
Penulismenyadaribahwaskripsiinimasihbanyakkekurangandanketerbatasan,olehkarenaitusarandankritikyangbersifatmembangunsangatdiharapkan.AkhirkatasemogaAllahSWT.membalassemuakebaikansemuapihakyangtelahmembantudalampenyelesaianskripsiinidansemogaskripsiinidapatbermanfaatbagipenulisdanpembaca.
BandarLampung,April2016
Penulis,
CindyNovalia
DAFTARISI
Halaman
DAFTARGAMBAR.........................................................................................DAFTARGRAFIK...........................................................................................DAFTARTABEL...........................................................................................
ivvivii
I.
PENDAHULUAN
A.LatarBelakang.......................................................................................
1
B.RumusanMasalah...................................................................................
5
C.Tujuan....................................................................................................
6
D.ManfaatPenelitian.................................................................................
6
E.BatasanMasalah....…………………………………………………….
6
II.
TINJAUANPUSTAKA
A.TingkatAnalisa......................................................................................
8
1.AnalisaOperasional...........................................................................
8
2.AnalisaPerancangan..........................................................................
9
B.PeriodeAnalisa.....................................................................................
9
C.Variabel-variabelPerhitungan...............................................................
9
1.ArusLalu-lintas..................................................................................
9
2.Unsur-unsurLalu-lintas.....................................................................
10
3.KecepatanArusBebas........................................................................11
4.Kapasitas.............................................................................................16
5.DerajatKejenuhan..............................................................................18
6.TingkatPelayananJalan.....................................................................19
7.HambatanSamping.............................................................................19
8.UkuranKota.......................................................................................20
D.Variabel-variabelPerhitunganSimpangTakBersinyal........................21
1.ArusLalu-lintas..................................................................................21
2.Unsur-unsurLalu-lintas.....................................................................22
3.Kapasitas.............................................................................................22
5.Tundaan..............................................................................................27
6.PenelitianTerdahulu..........................................................................29
III.METODOLOGIPENELITIAN
A.PersiapanPenelitian.............................................................................31
B.SurveiPendahuluan..............................................................................31
C.SurveiLapangan...................................................................................32
1.SurveiKondisidanGeometrikJalan.................................................32
2.SurveiKondisiArusLalu-lintas........................................................32
D.AnalisisDataLapangandanHasil.......................................................33
IV.HASILDANPEMBAHASAN
A.DataUmum............................................................................................40
B.KinerjaRuasJalan.................................................................................44
1.SegmenI...........................................................................................44
2.
3.KinerjaRuasJalan............................................................................53
C.SimpangTidakBersinyal.....................................................................54
1.VolumeLalu-lintasSimpang(Q).....................................................54
2.Kapasitas(C)....................................................................................57
3.DerajatKejenuhan(DS)...................................................................58
4.TundaanSimpang(D)......................................................................59
5.PanjangAntrian..............................................................................59
.
V.KESIMPULANDANSARAN
A.Kesimpulan..........................................................................................61
B.Saran....................................................................................................62
DAFTARPUSTAKALAMPIRAN
DAFTARGAMBAR
GambarHalaman
1.1LokasiJalanImamBonjol-Jl.Sisingamangaraja....................................2
1.2KemacetanLaluLintasdiRuasJalanImamBonjol-Sisingamangaraja...3
2.1FaktorPenyesuaianLebarPendekat(Fw).................................................24
2.2FaktorPenyesuaianBelokKiri(Plt)........................................................25
2.3FaktorPenyesuaianBelokKanan(Prt)....................................................26
2.4FaktorPenyesuaianArusJalanMinor(Fmi)...........................................27
2.5TundaanLaluLintasSimpangVsDerajatKejenuhan............................27
2.6TundaanLaluLintasJalanUtamaVsDerajatKejenuhan......................28
3.1BaganAlirMetodePenelitian..................................................................34
3.2LokasiJalanImamBonjolSegmenI(Jl.ImamBonjol-Tamin)..............36
4.1LokasiSegmenIdanSegmenIIPadaRuasJl.ImamBonjol-Tamin.......41
4.2PersimpanganJalanImamBonjol-Tamin................................................41
4.3LokasiTitikPengamatanPadaSegmenI................................................42
4.4PenampangMelintangJalanPadaSegmenI...........................................42
4.5LokasiTitikPengamatanPadaSegmenII................................................43
4.6PenampangMelintangJalanPadaSegmenII...........................................43
4.7GeometriSimpang..................................................................................44
4.6Persimpanganlalu-lintasJl.ImamBonjol-Tamin..................................56
DAFTARGRAFIK
GrafikHalaman
1.1HubunganAntaraJarak,Waktu,danKecepatanKendaraanPadaRuas
JalanImamBonjol-Jl.Sisingamangaraja...................................................4
4.1FluktuasiJumlahKendaraanArahJl.Tamin-ImamBonjolSegmenI.....28
4.2FluktuasiJumlahKendaraanArahJl.ImamBonjol-TaminSegmenI.....28
4.3FluktuasiJumlahKendaraanArahJl.Tamin-ImamBonjolSegmenII....32
4.4FluktuasiJumlahKendaraanArahJl.ImamBonjol-TaminSegmenII....32
4.5VolumeLalu-lintasKendaraanPadaSimapng.........................................37
DAFTARTABEL
TabelHalaman
2.1NilaiEmpKendaraan...............................................................................11
2.2KecepatanArusBebasDasar(FV0)..........................................................12
2.3PenyesuaianKecepatanArusBebasDasarUntukLebarJalur(Fvw).......13
2.4PenyesuaianKecepatanArusBebasUntukHambatanSamping(FFVsf).14
2.5PenyesuaianKecepatanArusBebasUnrukUkuranKota(FFVcs)...........14
2.6KapasitasDasar(C)...................................................................................15
2.7PenyesuaianKapasitasLebarJalurLaluLintas(FCw).............................15
2.8PenyesuaianKapasitasUntukPemisahArah(FCsp)................................17
2.9PenyesuaianKapasitasUntukHambatanSamping(FCsf)........................17
2.10PenyesuaianKapasitasUntukUkuranKota(FCcs)..................................17
2.11TingkatPelayananJalan............................................................................19
2.12HambatanSamping........................................................................20
2.13KelasUkuranKota..................................................................................21
2.14KapasitasDasar(C0)...............................................................................23
2.15FaktorPenyesuaianMedianJalanUtama(Fm).......................................24
2.16FaktorPenyesuaianUkuranKota(Fcs)...................................................24
2.17FaktorPenyesuaianTipeLengkungJalanHambatanSampingdan25
KendaraanTakBermotor(Frsu)
4.1BesarnyaHambatanSamping.................................................................46
4.2PerbandinganKinerjaSegmenIdanSegmenII......................................54
BABI
PENDAHULUAN
A.LatarBelakang
KotaBandarLampungmerupakanibukotadariprovinsiLampung,Indonesia.KotaBandarLampungyangmenjadipintugerbangpulauSumaterainimemilikiandilpentingdalamjalurtransportasidaratdanaktivitaspendistribusianlogistikdariJawamenujuSumateramaupunsebaliknya.
BerdasarkandataBappedaKotaBandarLampung,BandarLampungmemilikiluaswilayah197,22km²yangterbagiatas20Kecamatandan126
Kelurahan.BerdasarkandataBadanPusatStastikProvinsiLampungpadatahun2014,pendudukkotaBandarLampungadalah1.167.101jiwa.Denganmeningkatnyajumlahpendudukakanmenyebabkanpeningkatanaruslalulintas.
Peningkatanaruslalulintasmenyebabkanmasalahkemacetan.SeiringberjalannyawaktukondisikemacetanyangterjadidiBandarLampungtidaksemakinmembaikmelainkansemakinmemburuk.Halinikarenajumlahkendaraanselalubertambahdantidakdiimbangiolehperluasanareajalanraya.SalahsatutitikkemacetanyangadadikotaBandarLampungadalah
ruasJl.ImamBonjolterlebihPasarGintungdanPasarBambuKuningterletakdiruasjalantersebutakibatnyabanyakditemuipedagangkakilimayangmenjajakandagangannyadipinggirjalan.Halinitentumenambahvolumekemacetanjalanraya.Selainitu,padaruasJl.ImamBonjol-Sisingamangarajajugaterdapatbanyakparkirkendaraanbermotoryangmenggunakanlahanparkirdipinggirjalan,tentuinijugaakanmenambah
masalahkemacetansemakinserius.
PasarGintung
Segmen1Segmen2Segmen3
Jl.ImamBonjol
2836,79
Gambar1.1LokasiJalanImamBonjol-Jl.Sisingamangaraja
Selainmengganggupenggunajalanyangberkendara,pedagangkakilimamaupunpenggunaanlahanparkirdipinggirjalanjugamengganggupenggunajalankakiyangmelintasdiruasjalantsb.BerikutfotokemacetanlalulintasdiruasJalanImamBonjol-Sisingamangarajapukul15.30WIByangterterapadaGambar1.2.
Gambar1.2KemacetanlalulintasdiruasJalanImamBonjol-Sisingamangaraja
DalampenelitianiniruasjalanyangakanditelitiadalahruasJalanImamBonjol-Jl.SisingamangarajaKotaBandarLampung,ruasjalaninidipilihkarenaadanyabeberapapertimbanganantaralain:
1.Padaruasjalanini,tingkatkemacetanyangterjaditerbilangcukuptinggi,terutamapadajam-jamsibuk.Berikutgrafikhubunganantarajarak,waktu,dankecepatanyangdiambildiruasJl.ImamBonjol-Sisingamangarajapadapkl.7.00WIB.Grafikdibuatberdasarkanjarakdanwaktutempuhantaratigasegmenyangakanditelititingkatkemacetannyayangbertujuanuntukmengetahuikecepatanrata-ratakendaraanyangmelewatisegmentersebut.
Grafik1.1Hubunganantarajarak,waktu,dankecepatankendaraanpada
ruasJl.ImamBonjol-Jl.Sisingamangaraja
2.RuasJl.ImamBonjolmerupakanzonakomersialdimanaberdiribeberapapasaryaitupasarBambuKuningdanpasarGintung
3.TingkathambatansampingyangtinggidimanasebagianbesartrotoarsepanjangruasjalaninidimanfaatkansebagaitempatberjualanpedagangkakilimamaupuntempatparkirsehinggaaktivitaspejalankakimemanfaatkansebagianbadanjalanutamaruasJl.ImamBonjol
4.Besarnyajumlahkendaraan/aruslalulintasyangmasukdankeluarruas
Jl.ImamBonjol-Sisingamangaraja
5.Akibatbesarnyajumlahkendaraan/aruslalulintastersebutmenyebabkanwaktutundaanrata-rata(DT)tiapkendaraanmenjadibesar,sehinggamnyebabkanterjadinyaantrian
Adabanyakkerugianyangakanditimbulkanolehkemacetantersebut.Baikdarisegiwaktu,pemborosanenergi,meningkatnyapolusiudarasertakeausankendaraanlebihtinggi(radiatorkendaraantidakberfungsidenganbaik).Olehkarenaitu,makaperludilakukananalisakemacetanlalulintaspadaJalanImamBonjol-SamRatulangisertasolusipemecahannya.
B.RumusanMasalah
Adanyakemacetanlalulintasyangtinggi,sertakurangnyalahanparkiryangmembuatmasalahkemacetansemakinserius,olehkarenanyadiperlukanpengkajiantentangapayangmenjadipenyebabterjadinyakemacetanyangterjadidiruasJl.ImamBonjol-Sisingamangarajadanbagaimanasolusipemecahanmasalahkemacetantersebut.
BerdasarkanGrafik1.1yangterbagimenjaditigasegmen,yaituSegmenI(Jl.ImamBonjol–JalanTamin),SegmenII(JalanTamin–JalanSamRatulangi),danSegmenIII(JalanTamin–JalanSisingamangaraja)makadiperolehtingkatkemacetanyangtertinggiyangterjadipadasegmensatuyaituruasJl.ImamBonjol-Tamin.Olehkarenanya,padapenulisaniniruasjalanyangakanditinjauadalahJl.ImamBonjol-Tamin.
C.Tujuan
Adapuntujuannyaadalah:
1.Mendapatkandatavolumearuslalulintastertinggiyangmelaluiruas
Jl.ImamBonjol-Tamin
2.Menganalisistingkatkemacetanyangterjadidiruastersebut
3.Mengetahuisolusipemecahanmasalahkemacetanyangterjadidiruasjalantersebut.
D.ManfaatPenelitian
Manfaatdilakukannyapenelitianinidiharapkandapatdipergunakanolehpemerintahkhususnyapengelolasistemangkutankota(Organda,LLAJ,Dispenda,daninstansilainnya)sebagaisalahsatumasukanmaupunpertimbangandalammembuatdanmenentukankebijakan-kebijakanpengelolaansistemangkutankotaBandarLampung.
E.BatasanMasalah
Agarpembahasandalampenelitianiniterarah,makamasalahyangdibatasidenganadanyakriteriayangdigunakandalammemilihlokasiyangakandiamati,yaitu:
1.LokasiyangdipilihyaituJalanImamBonjol-Jl.SisingamangarajaBandarLampung,yangterbagimenjaditigasegmenyaitusegmen1(Jl.ImamBonjol-persimpanganJl.Tamin),segmen2(persimpanganJl.Tamin-persimpanganJl.SamRatulangi),dansegmen3(persimpanganJl.SamRatulangi-Jl.Sisingamangaraja).Tetapidalam
penelitianini,hanyadifokuskanpadaSegmenIyaitupadaruasJl.ImamBonjol-Tamin.
2.Kendaraanyangdiamatiyaitukendaraanringan(LV),kendaraanberat(HV),sepedamotor(MC),dankendaraanberodayangmenggunakantenaga(UM)
3.PengamatandilakukanpadahariKamismewakiliharikerjapadapkl
05.00-18.00WIB.
4.Parameter-parameteryangdianalisaantaralain:volumekendaraan,kecepatanarusbebas,hambatansamping,kapasitasdanderajatkejenuhan.
BABIITINJAUANPUSTAKA
Kemacetanmerupakanakibatdariberkembangnyakebutuhantransportasisedangkanperkembanganpenyediaanfasilitastransportasisangatrendah.Sehinggaprasaranayangadatersebuttidakdapatberfungsisebagaimanamestinyadandapatmengganggukebutuhanprasaranatransportasipendudukkota.Selainadanyaketerbatasanpenyediaanprasaranatransportasi,adahal-hallainyangmenyebabkankemacetanlalu-lintas.Kemacetanjugadisebabkanolehkarakteristikpolatatagunalahandenganberagampolayangmenimbulkanbangkitanlalulintas,ketidaksiplinanpengendara,kendaraanbesarmelajudengankecepatanrendah,kecelakaan,danadanyaparkirdisembarangtempatyangakanmengganggulalulintaskota.
Untukitu,dalamrangkamenganalisistingkatkemacetandisebuahruasjalanperlumemperhatikanbeberapahal.
A.TingkatAnalisa
Untukmenganalisaruasjalanperkotaandiberikanduatingkatanalisayangberbeda(MKJI1997)yaitu:
1.AnalisaOperasional
Analisaoperasionaladalahanalisayangdilakukanuntukmenentukan
kinerjasegmenjalanakibataruslalu-lintasyangadaataudiramalkan.Adabeberapahalyangdapatdianalisamelaluianalisaoperasionaldiantaranya:analisakapasitas,yaituarusmaksimumyangdapatdilewatidenganmempertahankantingkatkinerjatertentuuntukmenentukanderajatkejenuhansehubungandenganaruslalulintassekarangatauyangakandatanggunamenentukankecepatanpadajalantersebut.
2.AnalisaPerancangan
AnalisayangdilakukandengantujuanuntukmemperkirakanjumlahlajuryangdiperlukanuntukjalanrencanadimananilaiarusyangdiberikanberupaperkiraanLHRT.
B.PeriodeAnalisa
Dalampenelitianini,analisakapasitasjalandilakukanuntukperiodesatujampuncak,arusdankecepatanrata-rataditentukandenganperiodetersebut.Dalampenulisaniniaruslalulintasdinyatakandalamsatuanmobilpenumpangperjam(smp/jam).
C.Variabel-variabelPerhitunganRuasJalanPerkotaan
1.ArusLalu-lintas
Aruslalulintasyaitugerakkendaraansepanjangjalan.Aruslalu-lintaspadasuatujalanrayadiukurberdasarkanjumlahkendaraanyangmelewatititiktertentuselamawaktutertentu.Dalambeberapahallalu-lintasdinyatakandenganLalu-lintasHarianRata-rata(LHR)bilaperiode
pengamatannyakurangdarisatutahun.
DalamMKJI(1997),definisiaruslalulintasadalahjumlahkendaraanbermotoryangmelewatisuatutitikjalanpersatuanwaktu,dinyatakandalamknd/jam(Qkend),smp/jam(Qsmp),ataulalu-lintasharianrata-ratatahunan(QLHRT).
2.Unsur-unsurLalu-lintas
DalamMKJI(1997),yangdisebutsebagaiunsurlalu-lintasadalahbendaataupejalankakiyangmenjadibagiandarilalu-lintas.Sedangkankendaraanadalahunsurlalulintasdiatasroda.Sebagaiunsurlalu-lintasyangpalingberpengaruhdalamanalisis,kendaraandikategorikanmenjadiempatjenis,yaitu:
a.Kendaraanringan(LV)adalahkendaraanbermotorduaasberodaempatdenganjarakas2,0–3,0m(termasukmobilpenumpang,mikrobusdantrukkecil).
b.KendaraanBerat(HV)adalahkendaraanbermotorlebihdariempatrodaataudenganjarakaslebihdari3,5mmeliputibus,truk2as,truk3as,dantrukkombinasi.
c.SepedaMotor(MC)adalahkendaraanbermotorberodaduaatautigameliputisepedamotordankendaraanberodatiga.
d.Kendaraantidakbermotor(UM)adalahkendaraandenganrodamenggunakantenagaatauhewanmeliputisepeda,becak,keretakuda,keretadorong.
Adapunnilaiekivalenkendaraanberdasarkanstandarperencanaangeometriuntukjalanperkotaandinamakansatuanmobilpenumpang(smp).FaktorekivalentersebutadalahsepertiyangtercantumpadaTabel2.1dibawahini:
Tabel2.1NilaiEmpTipeKendaraan
No.
TipeKendaraan
Jenis
NilaiEmp
1
SepedaMotor(MC)
SepedaMotor
0,5
2
KendaraanRingan(LV)
Colt,PickUp,Station
Wagon
1,00
3
KendaraanBerat(HV)
Bus,Truk
1,30
Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.
3.KecepatanArusBebas
Kecepatanarusbebas(FV)didefinisikansebagaikecepatanpadatingkatarusnol,yaitukecepatanyangakandipilihpengemudijikamengendaraikendaraanbermotortanpadipengaruhiolehkendaraanbermotorlaindijalan.Kecepatanarusbebasdiamatimelaluipengumpulandatalapangan,dimanahubunganantarakecepatanarusbebasdengankondisigeometrikdanlingkunganditentukanolehmetodaregresi.Kcepatanarusbebaskendaraanringandipilihsebagaikriteriandasaruntukkinerjasegmenjalanpadaarus=0.Kecepatanarusbebasuntukkendaraanberatdansepedamotorjugadiberikansebagairefernsi.Kecepatanarusbebasuntukmobilpenumpangbiasanya10-15%lebihtinggidaritipekendaraanlainnya.
Persamaanuntukpenentuankecepatanarusbebasmempunyaibentukumumsebagaiberikut:FV=(FV0+FVW)xFFVSFxFFVCS…………………….......................................................................(2.1)Dimana:
FV=Kecepatanarusbebaskendaraanringanpadakondisilapangan
(km/jam)
FV0=Kecepatanarusbebasdasarkendaraanringanpadajalanyangdiamati
FVW=Penyesuaiankecepatanuntuklebarjalan(km/jam)
FFVSF=Faktorpenyesuaianuntukhambatansampingdanlebarataujarakkrbpenghalang
FFVCS=Faktorpenyesuaiankecepatanuntukukurankota
Adapunbeberapatabeluntukmenentukannilaifaktoryangberpengaruhpadabesarnyakecepatanarusbebasyangakanditentukanadalahsebagaiberikut:
Tabel2.2KecepatanArusBebasDasar(FV0)
TipeJalan
Kecepatanarus
Kendaraanringan
Kendaraanberat
Sepedamotor
Semuakendaraan
LV
HV
MC
(rata-rata)
Enam-lajurterbagi
(6/2D)atau
Tigalajursatu-arah
(3/1)
61
52
48
57
Empat-lajurterbagi
(4/2D)atauDua-lajur-satu-arah(2/1)
57
50
47
55
Tabel2.2KecepatanArusBebasDasar(FV0)Lanjutan
TipeJalan
Kecepatanarus
Kendaraanringan
Kendaraanberat
Sepedamotor
Semuakendaraan
LV
HV
MC
(rata-rata)
Empat-lajur-taktwrbagi(4/2UD)
53
46
43
51
Empat-lajurtak-
terbagi(2/2UD)
44
40
40
42
Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.
Tabel2.3PenyesuaianKecepatanArusBebasUntukLebarJalurLalu-Lintas(FVW)
TipeJalan
Lebarjalurlalu-lintas
efektif
(Wc)(m)
FVW(km/jam)
Empat-lajurterbagi
ataujalansatu
arah
Perlajur
3,00
3,35
3,50
3,75
4,00
-4
-2
0
2
4
Empatlajur-takterbagi
Perlajur
3,00
3,35
3,50
3,75
4,00
-4
-2
0
2
4
Dualajur-tak-
terbagi
Total
5
6
7
8
9
10
11
-9,5
-3
0
3
4
6
7
Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.
Tabel2.4FaktorPenyesuaianKecepatanArusBebasUntukHambatan
Samping(FFVSF)
Tipejalan
Kelashambatan
Faktorpenyesuaianhambatansampingdan
bahu
samping(SCF)
≤0,5m
1,0m
1,5m
≥2m
Empat-lajurterbagi(4/2D)
SangatrendahRendahSedang
Tinggi
Sangattinggi
1,02
0,98
0,94
0,89
0,84
1,03
1
0,97
0,93
0,88
1,03
1,02
1
0,96
0,92
1,04
1,03
1,02
0,99
0,96
Empat-lajur
tak-
terbagi(4/2
UD)
Sangatrendah
RendahSedangTinggi
Sangattinggi
1,02
0,98
0,93
0,87
0,8
1,03
1
0,96
0,91
0,86
1,03
1,02
0,99
0,94
0,9
1,04
1,03
1,02
0,98
0,95
Dualajur-takterbagi(2/2
UD)
atauJalansatuarah
Sangatrendah
RendahSedangTinggi
Sangattinggi
1
0,96
0,91
0,82
0,73
1,01
0,98
0,93
0,86
0,79
1,01
0,99
0,96
0,9
0,85
1,01
1
0,99
0,95
0,91
Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.
Tabel2.5FaktorPenyesuaianKecepatanArusBebasUntukUkuranKota
(FFVCS)
UkuranKota(Juta
Penduduk)
FaktorPenyesuaianuntukukrankota
<0,1
0,9
0,1-0,5
0,93
0,5-1,0
0,95
1,0-3,0
1
>3,0
1,03
Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.
4.Kapasitas
Kapasitasdidefinisikansebagaiarusmaksimummelaluisuatutitikdijalanyangdapatdipertahankanpersatuanjampadakondisitertentu.Untukjalandualajurduaarah,kapasitasditentikanuntukarusduaarah(kombinasiduaarah).Tetapiuntukjalandenganbanyaklajur,arusdipisahkanperarahdankapasitasditentukanperlajur.Nilaikapasitasdiamatimelaluipengumpulandatalapanganselamamemungkinkan.Karenalokasiyangmempunyaiarusmendekatikapasitassegmenjalansedikit(sebagaimanaterlihatdarikapasitassimpangsepanjangjalan),kapasitasjugadiperkirakandarianailisakondisiiringanlalulintas,dansecarateorotisdenganmengasumsikanhubunganmatematikantarakerapatan,kecepatan,danarus.Kapasitasdinyatakandalamsatuanmobilpenumpang(smp).Persamaandasaruntukmenentukankapasitasadalahsebagaiberikut:
C=C0xFCWxFCSPxFCSFxFCCS………………………......……….(2.2)
Dimana:
C=Kapasitas(smp/jam)
C0=Kapasitasdasar(smp/jam)FCW=Faktorpenyesuaianlebarjalan
FCSP=Faktorpenyesuaianpemisahanarah
FCSF=Faktorpenyesuaianutukhambatansampingdanlebarataujarakkrbpenghalang
FFVCS=Faktorpenyesuaiankecepatanuntukukurankota
Jikakondisisesungguhnyasamadengankondisidasar(ideal)yangditentukansebelumnya,makasemuafaktorpenyesuaianmenjadi1,0dan
kapasitasmenjadisamadengankapasitasdasar.Adapunbeberapatabeluntukmenentukannilaifaktoryangberpengaruhpadabesarnyakapasitasyangakanditentukanadalahsebagaiberikut:
Tabel2.6KapasitasDasar(C0)
TipeJalan
Kapasitas
Dasar
Catatan
Empat-lajurtak-terbagiataujalansatuarah
1650
Perlajur
Empat-lajurtak-terbagi
1500
Perlajur
Dualajur-takterbagi
2900
Totalduaarah
Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.
Tabel2.7FaktorPenyesuaianKapasitasLebarJalurLalulintas(FCW)
TipeJalan
Lebarjalurlalulintasefektif
(m)
FCW
Empat-lajurterbagiataujalansatuarah
Perlajur
3
3,25
3,5
3,75
4
0,92
0,96
1
1,04
1,08
Empat-lajurtak-terbagi
Perlajur
3
3,25
3,5
3,75
4
0,91
0,95
1
1,05
1,09
Dua-lajurtak-terbagi
Totalduaarah
5
6
7
8
9
10
11
0,56
0,87
1
1,14
1,25
1,29
1,34
Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.
Tabel2.8FaktorPenyesuaianKapasitasUntukPemisahanArah(FCSP)
Pemisahanarah
SP%-%
50-50
55-45
60-40
65-35
70-30
FCSP
Dualajur
2/2
1
0,97
0,91
0,91
0,88
Empatlajur4/2
1
0,985
0,955
0,955
0,94
Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.
Tabel2.9FaktorPenyesuaianKapasitasUntukHambatanSamping(FCSF)
Tipejalan
Kelas
hambatansamping
Faktorpenyesuaianhambatansampingdanlebarbahu
(FCSF)
LebarbahuefektifWS
≤0,5
1,0
1,5
≥2,0
4/2D
VLL
MH
VH
0,96
0,94
0,92
0,88
0,84
0,98
0,97
0,95
0,92
0,88
1,01
1
0,98
0,95
0,92
1,03
1,02
1
0,98
0,96
4/2UD
VLL
MH
VH
0,96
0,94
0,92
0,87
0,8
0,99
0,97
0,95
0,91
0,86
1,01
1
0,98
0,94
0,9
1,03
1,2
1
0,98
0,95
2/2UDatauJalansatuarah
VL
LMH
VH
0,94
0,92
0,89
0,82
0,73
0,96
0,94
0,92
0,89
0,79
0,99
0,97
0,95
0,9
0,85
1,01
1
0,98
0,95
0,91
Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.
Tabel2.10FaktorPenyesuaianKapasitasUntukUkuranKota(FCCS)
Ukurankota(Jutapenduduk)
Faktorpenyesuaianukurankota
<1,0
0,86
0,1-0,5
0,9
0,5-1,0
0,94
1,0-3,0
1
>3,0
1,04
Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.
5.DerajatKejenuhan
DerajatKejenuhan(DS)didefinisikansebagairasioarusterhadapkapasitas,diggunakansebagaifaktorutamadalammenentukantingkatkinerjasimpangdansegmenjalan.NilaiDSmenununjukanapakahsegmenjalantersebutmempunyaimasalahkapasitasatautidak.
Persamaandasaruntukmenentukannilaiderajatkejenuhanadalahsebagaiberikut:DS=Q/C……………………………….……………………..(2.3)Dimana:
Q=Aruslalulintaspadasegmenjalanyangditinjau
C=Kapasitaslalulintaspadasegmenjalanyangditinjau
Derajatkejenuhandihitungdenganmenggunakanarusdankapasitasdinyatakandalamsmp/jam.DSdigunakanuntukanalisaperilakulalulintasberupakecepatan.Kinerjaruasjalanmerupakanukurankondisilalulintaspadasuaturuasjalanyangbisadigunakansebagaidasaruntukmenentukanapakahsuaturuasjalantelahbermasalahataubelum.
Derajatkejenuhanmerupakanperbandinganantaravolumelalulintasdankapasitasjalan,dimana:
a)Jikanilaiderajatkejenuhan>0,8menunjukkankondisilalulintassangattinggi
b)Jikanilaiderajatkejenuhan>0,6menunjukkankondisilalulintaspadat
c)Jikanilaiderajatkejenuhan<0,6menunjukkankondisilalulintasrendah
6.TingkatPelayananJalan
Kinerjaruasjalandapatdidefinisikansejauhmanakemampuanjalanmenjalankanfungsinya,dimanamenurutMKJI1997yangdigunakansebagaiparameteradalahDerajatKejenuhan(DS)(Koloway,2009).MKJI(1997)jugamenjelaskanbahwatingkatpelayananjalandapatjugadihitungberdasarkanbataslingkupQ/Cruasjalantersebut,sepertiterlihatpadaTabel2.2sebagaiberikut:
Tabel2.11TingkatPelayananJalan
TingkatPelayanan
BataslingkupQ/C
A
0,00-0,19
B
0,20–0,44
C
0,45–0,74
D
0,75–0,84
E
0,85–1,00
F
>1,00
Sumber:MKJI1997
7.HambatanSamping
Hambatansampingadalahinteraksiantaralalulintasdankegiatandisampingjalanyangmenyebabkanpenguranganterhadaparusjenuhdanberpengaruhterhadapkapasitasdankinerjalalulintas(Ifrandkk,2015).
a)Pejalankaki
b)Angkutanumumdankendaraanlainyangberhenti
c)Kendaraanlambat(misalnyabecak,keretakuda)dan
d)Kendaraanmasukdankeluardarilahandisampingjalan
Kelashambatanjalansampingdapatdilihatpadatabel2.3Berikutini:Tabel2.12KelasHambatanSamping
KelasHambatanSamping(SCF)
Kode
JumlahBerbobotKejadian/200m/jam(2sisi)
KondisiKhusus
Sangatrendah
VL
<100
Daerahpemukiman,jalandenganjalansamping.
Rendah
L
100-299
Daerahpemukiman,beberapakendaraanumum.
Sedang
M
300-499
Daerehindustri,beberapatokodisisijalan.
Tinggi
H
500-899
Daerahkomersil,aktivitassisijalantinggi.
SangatTinggi
VH
>900
Daerahkomersil,denganaktivitaspasarsampingjalan.
Sumber:TabelA-4JalanPerkotaan,MKJI1997
8.UkuranKota
UkurankotadiIndonesiasertakeaekaragamandantingkatperkembangandaerahperkotaanmenunjukkanbahwaperilakupengemudipengemudidanpopulasikendaraan(umurkomposisikendaraan,tenagadankondisikendaraan)adalahberanekaragam(Rizani,2015).Kotayanglebihkecilmenunjukkanperilakupengemudiyangkuranggesitdankendaraankurangmodern,sehinggamenyebabkankapasitasdankecepatanlebihrendahpadaarustertentujikadibandingkandengankotayanglebihbesar(MKJI,1997).Ukurankotaadalahjumlahpendudukdidalamkota(juta).
EmpatkelasukurankotadapatdilihatpadaTabel2.4.Dibawahini:
Tabel2.13KelasUkuranKota
UkuranKota(JutaPenduduk)
Faktorpenyesuaianuntukukurankota
<0,1
0,86
0,1-0,5
0,90
0,5-1,0
0,94
1,0-3,0
1,00
>3,0
1,04
Sumber:JalanPerkotaanMKJI1997
BerdasarkankelasukuranKotaBandarLampungtrmasukdalamkelasukurankotabesardenganjumlahpenduduk1.167.101jiwa(Lampungdalamangka
2014).
D.Variabel-variabelPerhitunganSimpangTakBersinyal
1.ArusLalu-lintas
Aruslalulintasyaitugerakkendaraansepanjangjalan(Wells,1993).Aruslalu-lintaspadasuatujalanrayadiukurberdasarkanjumlahkendaraanyangmelewatititiktertentuselamawaktutertentu.Dalambeberapahallalu-lintasdinyatakandenganLalu-lintasHarianRata-rata(LHR)bilaperiodepengamatannyakurangdarisatutahun.(Oglesby,1998).
DlamMKJI1997,definisiaruslalulintasadalahjumlahkendaraanbermotoryangmelewatisuatutitikjalanpersatuanwaktu,dinyatakandalamknd/jam(Qkend),smp/jam(Qsmp),ataulalu-lintasharianrata-ratatahunan(QLHRT).
2.Unsur-unsurLalu-lintas
DalamMKJI1997,yangdisebutsebagaiunsurlalu-lintasadalahbenda
ataupejalankakiyangmenjadibagiandarilalu-lintas.Sedangkankendaraanadalahunsurlalulintasdiatasroda.Sebagaiunsurlalu-lintasyangpalingberpengaruhdalamanalisis,kendaraandikategorikanmenjadiempatjenis,yaitu:
a.Kendaraanringan(LV)adalahkendaraanbermotorduaasberodaempatdenganjarakas2,0–3,0m(termasukmobilpenumpang,mikrobusdantrukkecil).
b.KendaraanBerat(HV)adalahkendaraanbermotorlebihdariempatrodaataudenganjarakaslebihdari3,5mmeliputibus,truk2as,truk3as,dantrukkombinasi.
c.SepedaMotor(MC)adalahkendaraanbermotorberodaduaatautigameliputisepedamotordankendaraanberodatiga.
d.Kendaraantidakbermotor(UM)adalahkendaraandenganrodamenggunakantenagaatauhewanmeliputisepeda,becak,keretakuda,keretadorong.
3.Kapasitas
Kapasitasdidefinisikansebagaiarusmaksimummelaluisuatutitikdijalanyangdapatdipertahankanpersatuanjampadakondisitertentu.
C=CoxFwxFmxFcsxFrsuxFltxFrtxFmi
Dimana:
C=Kapasitas
C0=Kapasitasdasar
Fw=Faktorpenyesuaianlebarmasuk
Fm=Faktorpenyesuaianmedianjalanutama
Fcs=Faktorpenyesuaianukurankota
Frsu=Faktorpenyesuaiantipelengkunganjalan,hambatansamping,dankendaraantidakbermotor
Flt=Faktorpenyesuaian%belokkiri
Frt=Faktorpenyesuaian%belokkanan
Fmi=Faktorpenyesuaianrasioarusjalanminor
Adapunbeberapatabeldangambaruntukmenentukannilaifaktoryangberpengaruhpadabesarnyakapasitasyangakanditentukanadalahsebagaiberikut:
Tabel2.14KapasitasDasar(C0)
TipesimpangIT
Kapasitasdasarsmp/jam
322
2700
342
2900
324atau344
3200
422
2900
424atau444
3400
Sumber:SimpangTidakBersinyalMKJI1997
Penyesuaianlebarpendekat(Fw)diperolehberdasarkanGambar2.1.variabelmasukanadalahlebarrata-ratasemuapendekatW,dantipesimpangIT.Batasnilaiyangdiberikandalamgambaradalahrentangdasarempirisdanmanual.
Gambar2.1FaktorPeyesuaianLebarPendekat(Fw)
Tabel2.15FaktorPenyesuaianMedianJalanUtama(Fm)
Uraian
TipeM
Faktorprnyrsuaianmedian(Fm)
Tidakadamedianjalanutama
Tidakada
1,00
Adamedianjalanutama,lebar<3m
Sempit
1,05
Adamedianjalanutama,lebar≥3m
Lebar
1,20
Sumber:SimpangTidakBersinyalMKJI1997
Tabel2.16FaktorPenyesuaianUkuranKota(Fcs)
Ukurankota
(CS)
PendudukJuta
Faktorpenyesuaianukurankota
Fcs
Sangatkecil
<1,0
0,82
Kecil
0,1-0,5
0,88
Sedang
0,5-1,0
0,94
Besar
1,0-3,0
1,00
Sangatbesar
>3,0
1,05
Sumber:SimpangTidakBersinyalMKJI1997
Tabel2.17FaktorPenyesuaianTipeLengkunganJalanHambatan
SampingdanKendaraanTakBermotor(Frsu)
Kelastipelengkungjalan
Kelashambatansamping
RasiokendaraantakbermotorPum
0,00
0,05
0,10
0,15
0,2
≥0,25
Komrsial
tinggi
0,93
0,88
0,84
0,79
0,74
0,70
sedang
0,94
0,89
0,85
0,80
0,75
0,70
rendah
0,95
0,90
0,86
0,81
0,76
0,71
Pemukiman
tinggi
0,96
0,91
0,86
0,82
0,77
0,72
sedang
0,97
0,92
0,87
0,82
0,77
0,73
rendah
0,98
0,93
0,88
0,83
0,78
0,74
Aksesterbatas
tinggi/sedang/rendah
1,00
0,95
0,90
0,85
0,80
0,75
Sumber:SimpangTidakBersinyalMKJI1997
FaktorpenyesuaianbelokkiriditentukanolehGambar2.2dibawahini.VariabelmasukanadalahbelokkiriPlt,batas-batasyangdiberikanuntukPltadalahrentangdasarempirisdarimanual.
Gambar2.2Faktorpenyesuaianbelokkiri(Plt)
FaktorpenyesuaianbelokkananditentukandariGambar2.3dibawahini.Variabelmasukanadalahbelokkanan.Untuksimpangempatlengan,Frt=
1,0.
Gambar2.3Faktorpenyesuaianbelokkanan(Prt)
FaktorpenyesuaianrasioarusjalanminorditentukanpadaGambar3.4dibawahini.Variabelmasukanadalahrasioarusjalanminor(Pmi).
Gambar2.4Faktorpenyesuaianarusjalanminor(Fmi)
4.Tundaan
Tundaanlalulintassimpangadalahtundaanlalulintas,rata-ratasemuakendaraanbermotoryangmasuksimpang.Adapunbeberapagambaruntukmenentukannilaifaktoryangberpengaruhpadabesarnyatundaanyangakanditentukanadalahsebagaiberikut:
Gambar2.5Tundaanlalulintassimpangvsderajatkejenuhan(Dti)
Gambar2.6Tundaanlalulintasjalanutamavsderajatkejenuhan
Tundaansimpangdapatterjadikarenaduasebabyaitu:
a)TundaanLalulintas(DTI)yangdiakibatkanolehinteraksilalulintasdengangerakanyanglaindalamsimpang
Adapuntundaanlalulintas(Dti)menggunakanrumus:
Dtmi=(QtotxDti–QmaxDtma)/Qmi.........................................(2.5)
b)TundaanGeometrik(DG)yangdiakibatkanperlambatandanpercepatankendaraanyangterganggudantakterganggu.
c)Adapungeometrik(DG)menggunakanrumus:
DG=(1-DS)x(Ptx6+(1-Pt)x3)+DSx4(det/smp)......................(2.6)
UntukDS≥1,0:DG=4
Dimana:
DG=Tundaangeometriksimpang
DS=Derajatkejenuhan
Pt=Rasiobeloktotal
Adapuntundaansimpangdapatdihitungmenggunakanrumusyaitu:
D=DG+DTI...............................................................................................................................(2.7)Dimana,
DG=Tundaangeometriksimpang
DTI=Tundaanlalulintasjalanminorrata-rata
5.PenelitianTerdahulu
AdapunbeberapapenelitianterdahuluyangdipakaidalampenelitianiniadalahjurnalperencanaanwilayahdankotamilikBarrySetyantoKoloway(2009)denganjudul“KinerjaRuasJalanProf.Dr.SatrioDKIJakarta”.HasilpenelitianmenunjukkanbahwatotaljumlaharusterbesarduaarahberadapadajampuncakharikerjaSeninsoredanjampuncakhariliburSabtusiang.PadaharikerjaSeninsore,jumlahtotalarusmencapai4184,9smp/jamuntukarahBarat-Timur,serta3314,8smp/jamuntukarahTimur-Barat.Padaharilibur,tepatnyaSabtusiang,jumlaharusarahBarat-Timurmencapai3082,2smp/jamdanarahTimur-Baratsejumlah3080,2smp/jam.Hasilperhitungankapasitasjalanmenunjukkanbahwakapasitasaktualjalantahun2009untukharikerjaSeninsoreadalah5204smp/jam(Barat-Timur)dan4433smp/jam(Timur-Barat).SedangkanuntukhariliburSabtusiang,kapasitasaktualjalanuntukarahBarat-Timursebesar5337smp/jamdanarahTimur-Baratsebesar4547smp/jam.Perbandinganantaratotalarusdengankapasitasjalanmenghasilkanderajatkejenuhan.Nilaiperbandingantersbutjugayangakanmenjadipenentutingkatpelayananjalan.Tingkat
pelayananjalanpadajampuncakharikerjamencapaiLoSDdanLoSC.Melaluianalisiskinerjaruasjalantahun2014makadapatdiketahuibahwakinerjajaringanjalantahun2014mengalamipenurunanyangcukupsignifikanbiladibandingkandengankinerjapadatahun2009..Padatingkatpelayananjalan,padahariSeninsoremencapaitingkatpelayananFdanEyangberartitingkatpelayanannyaburuk.Untukmengatasiburuknyakinerjaruasjalanpadatahun2014,makadiajukanalternatifpenangananuntukmeningkatkankinerjaruasjalan.
SelainjurnalmilikBarrySetyantoKoloway,padapenelitianinijugamenggunakanjurnaldesiminasiteknologimilikIfsanIfrandkkdenganjudul“AnalisisKinerjaRuasJalanDenganMenggunakanMKJIJalanAKBPCekAgusPalembang”.HasilpenelitianmenunjukkanbahwabesarvolumearuslalulintaskendaraandijalanAKBPCekAgusarahsimpangpatalpadapagihariyaitu1704(smp/jam),sianghari1466(smp/jam)dansoreharimencapai1804(smp/jam)danjumlahtotalmodatransportasiyaitu
27.666kendaraandengandidominasiolehkendaraanbermotordenganpresentasi63,2%.DengantingginyatingkatvolumelalulintasyangterjadidantidakmemadainyalagikapasitaspadaruasjalanAKBPCekAgus,mengakibatkanterjadinyakemacetanpadaruasjalan.Halinimenimbulkanketidaknyamanandankeamanandidalamberkendara.Adapuntingkatpelayananjalan(LOS)padajalanAKBPCekAgusarahSimpangPatalberadapadalevelC.DimanaArusstabil,kecepatanterbataskepadatanlalulintasmeningkat,hambatanmeningkatdanpengemudimemilikiketerbatasanuntukmemilihkecepatan,pindahlajurataumendahului.
BABIIIMETODOLOGIPENELITIAN
A.PersiapanPenelitian
Sebelummelakukansemuakegiatanpelaksanaanpenelitian,makaperludilakukanpekerjaanpersiapan.Adapunhal-halyangperludipersiapkanantaralain:
1)Mencaridanmengumpulkaninformasiyangberkaitantentangtopikpenelitiansebanyakmungkinuntukmemudahkanpekerjaananalisisselanjutnya.
2)Mengumpulkanliteraturpendukungyangakandigunakandalamprosesanalisisbaiksecaramanualmaupunmenggunakansistemkomputerisasi.
3)Mengumpulkanbahan-bahanalternatifdaripenelitian-penelitiansebelumnyayangrelevandenganpenelitianyangdilakukansebagaibahanpembandingterhadappenelitianyangakandilakukan.
B.SurveiPendahuluan
Surveypendahuluandilakukangunamendapatkaninformasilebihawalmengenaikondisiaktualdilapangan.PadasurveyinidilakukanpengenalandanpenentuanbatasruasJalanImamBonjolyangakanditelitisertauntuk
mendapatkaninformasikondisijalaneksistingdanpenandaantitik-titikyangperlumendapatkanperlakuankhusus.Berdasarkansurveypendahuluaninidikumpulkaninformasiyangselanjutnyaakandigunakansebagaiacuanpelaksanaansurveyyangselanjutnyadigunakansebagaiacuanpelaksanaansurveylapanganyangselanjutnya.
C.SurveyLapangan
Surveylapanganyangakandilaksanakandalampenelitianiniadalahprosespengumpulandatalapanganyanglengkap.Adapundatalapanganyangharusdiambiladalahsebagaiberiku:
1.SurveyKondisidanGeometrikJalan
Tujuandarisurveyiniadalahuntukmendapatkandataumummengenaikondisipotonganmelintangdarigeometrikjalanyangbersangkutan.
Datayangdiperolehdarisurveyiniadalah:
a)Informasitentangpotonganmelintangjalan
b)Awalruasdanakhirdarisurveyiniharusjelasdansesuaidenganruasyangditetapkanpadasurveylainnya.
c)Datayangdiperolehdicatatdalamformulir
2.SurveyKondisiArusLalulintas
Surveyinidilakukanuntukmengetahuikondisiaruslalulintasyangadapadadaerahstudi.Datamasukanarusdankomposisilalulintaskemudiandicatatdalamformuliryangtelahdibuat.Datayangharusdiperolehpadasurveyiniadalahdataaruskendaraan/jamyangsudahdisesuaikanuntukmasing-masingtipekendaraan.
D.AnalisisDataLapangandanHasil
Padatahapinidatayangtelahterkumpulselanjutnyaakandianalisa.Adapundatayangdidapatkanmeliputi:
1)Volumekendaraantertinggiyangterjadipadajampuncakdiruasjalanyangakanditeliti
2)Kecepatanarusbebaskendaraanringan
3)Kapasitasdarisegmenjalanyangdiamati
4)Derajatkejenuhanyangterjadipadasegmenyangdiamati
5)Tundaanyangterjadipadasimpang
Adapunlangkah-langkahpelaksanaanpenelitianiniterlihatpadabaganaliryangterteradilembarberikutnya.
MULAI
PERSIAPANPENELITIAN
1.Menetapkanlokasistudi
2.Mengumpulkaninformasiawalmengenaidenahstudi
3.Studikepustakaan
SURVEYPENDAHULUAN
1.Penentuantitiksurvey
2.Penentuanjumlahsampel
SURVEYLAPANGAN
DATAPRIMER
1.Kondisigeometrikjalan
2.Volumearuslalulintas
3.Hambatansamping
DATASEKUNDER
JumlahpendudukkotaBandarLampungtahun2014danfaktorkelasukurankota(Fcs)
ANALISAPENDUKUNG
1.Kecepatanarusbebaskendaraan
2.Kapasitas
3.Perilakulalulintas
a.Derajatkejenuhan
b.Penilaianperilakulalulintas
KESIMPULAN
Gambar3.1Baganalirmetodepenelitian
BerdasarkanGrafik3.1dikatakanbahwapenelitianinidibagimenjadibeberapatahap.Sebelummelakukansurveypendahuluan,diperlukanpersiapanpenelitianyangbertujuanuntukmengumpulkaninformasiyangterkaitpadapokokbahasanyangakanditeliti.Selainpersiapan,penelitianinijugadilakukanbeberapatahapan,yaitusebagaiberikut:
1.SurveyPendahuluan
Surveyinibertujuanuntukmenentukantitiksurveidanjumlahsampelyangakandilakukandalampenelitianini.PenentuantitiksurveidilakukandikeduasegmenruasJalanImamBonjol-Tamin,yaituSegmenIberadapadaJl.ImamBonjol-Taminyangberjarak0msampaidengan400mdaripintumasukJalanImamBonjol(PasarGintung),sedangkanSegmenIberadapadajarak400msampaidengan900mdaripintumasukJalanImamBonjol(PasarGintung).
2.SurveyLapangan
Surveyinidilakukansetelahmelakukansurveypendahuluan.Surveylapanganterdiridariduadatayangdibutuhkanuntukmelakukansurveylapangan,yaituberupadataprimerdandatasekunder.
a)DataPrimer
Adapundataprimeryangdigunakandalampenelitianiniadalahberupa:
1)KondisiGeometrikJalan
Dalampenelitianini,datakondisigeometrikjalanmenjadihalutamadalammenentukantingkatkemacetanyangterjadipadaruasjalanyangakanditeliti.AdapunlokasipenelitianterterapadaGambar3.2Sebagaiberikut:
Jl.ImamBonjol
Jl.ImamBonjol
Jl.ImamBonjol
Keterangan
Perboden
PosSatpolPPBambuKuning
Center
Jembatan
U
Ruko
PasarGintung
GerejaMarturia
Gambar3.2LokasiJalanImamBonjolSegmenI(Jl.ImamBonjol-Tamin)
2)VolumeArusLaluLintas
Volumearuslalulintasyangakanditelitipadapenelitianiniadalahjumlahkendaraanyangmelewatititikpengamatanyangditentukanyaitutitik1padaSegmenIdantitik2padaSegmenII.Pendataandilakukanmenggunakankamerayangterpasangdimasing-masingtitikpadahariyangtelahditentukandaripukul5.00WIBsampaidenganpukul18.00
WIB.
3)HambatanSamping
Selainkondisigeometrikjalandanvolumearuslalulintas,hambatansampingjugamerupakanpoinpentingdalampenelitianini.HambatansampingyangditelitiadalahhambatansampingyangberadapadaSegmenI.HalinidikarenakanpadaruasjalanSegmenIterdapatpasarGintung,dimanabanyaknyaaktivitassampingjalanyangmenggangguaruslalulintaspadaruasjalantersebut.Pengamatanhambatansampingpadapenelitianinidilakukanpadahariyangditentukan,yaitudenganmenghitungjumlahaktivitassampingjalanpada200mterbanyakaktivitassisijalannya.Adapundurasipengamatanhambatansampinginidilakukanpadapukul05.00WIBsampaidenganpukul06.00WIB,pukul
7.00WIBsampaidenganpukul08.00WIB,pukul12.00WIBsampaidenganpukul13.00WIB,danpukul17.00WIBsampaidenganpukul
18.00WIB.
b)DataSekunder
DatasekunderyangdigunakandalampenelitianiniadalahdatajumlahpendudukdikotaBandarLampungpadatahun2014.DatainidiperolehdariBadanPusatStatistikProvinsiLampungyaitumelaluiwebsiteresmiBPS(Lampung.bps.go.id).DatajumlahpendudukkotaBandarLampunginidigunakanuntukmenentukanfaktorkelasukurankota(Fcs).
3.AnalisaPendukung
Adapunanalisapendukungdalapenelitianiniterbagimenjadibeberapahalyaitusebagaiberikut:
a)KecepatanArusBebasKendaraan
Dalampenelitianini,kecepatanarusbebasyangdigunakanadalahberdasarkanperhitungandaridataLHRyangdiperoleh,tidakberdasarkanpengamatanlangsung.
b)Kapasitas
Kapasitasdidapatkanmelaluiperhitunganperolehandataprimeryangtelahdilakakukan.
c)PerilakuLaluLintas
1)DerajatKejenuhan
2)PenilaianPerilakuLaluLintas
Nilaiderajatkejenuhandidapatkanmelaluiperolehandataprimeryangtelahdiamatidalampenelitianini.Setelahdidapatkannilaiderajatkejenuhan,makaakanterlihattingkatpelayananjalanpadaruasjalanyangakandiamati.Halinidimasukkankedalampenilaianperilakulalulintas
titikIdantitikIIdankemudianmembandingkannya,sehinggaterlihatperilakulalulintaspadamasing-masingtitikpadaruasjalanyangditeliti.
4.Kesimpulan
SetelahmenganalisatingkatkemacetandiruasJalanImamBonjol-Taminmelaluibeberapaparameteryangdiperolehmelaluidataprimerdandatasekunder,makadidapatkankesimpulansertabeberapasaranpemecahanmasalahkemacetandiruasjalantersebut.
BABV
KESIMPULANDANSARAN
A.Kesimpulan
Berdasarkanhasilpenelitiandananalisisyangdilakukan,makadiperolehbeberapakesimpulansebagaiberikut:
1.Berdasarkangrafikvolumelalulintas,didapatkannilaivolumekendaraantertinggiberadapadapukul17.00-18.00WIB.BesarnyanilaivolumekendaraanpadaSegmenIarahJl.Tamin-ImamBonjoladalah1280,9smp/jam,sedangkanpadaarahJl.ImamBonjol-Taminadalahsebesar670smp/jam.PadaSegmenIInilaivolumekendaraanarahJl.Tamin-ImamBonjoladalah876smp/jam,sedangkanpadaarahJl.ImamBonjol-Taminadalahsebesar993,1smp/jam.
2.Nilaiderajatkejenuhan(DS)yangdiperolehberdasarkanpengamatanpadaSegmenIadalahsebesar0,75.HalinimenandakanbahwakondisilalulintastergolongpadatdengantingkatpelayananjalantersebutadalahE.NilaiDSpadaSegmenIIadalahsebesar1,17.HalinimenandakanbahwakondisilalulintastergolongpadatdengantingkatpelayananjalantersebutadalahF.NilaiderajatkejenuhanSegmenIIlebihbesarjikadibandingkanSegmenI,halinidikarenakanvoulmelalulintasSegmenIIlebihbesardan
62
kapasitasSegmenIIlebihsedikitjikadibandingkanSegmenI.SedangkannilaiDSpadaSimpangJl.ImamBonjol-Taminadalahsebesar1,31.HalinimenandakanbahwakondisilalulintasSimpangtergolongsangattinggipadatingkatpelayananjalanadalahFdimanaDS>1.
3.PadaruasJalanImamBonjol–JalanTaminmemilikitingkatkemacetanyangtergolongpadat.Halinidikarenakanbukankarenatingginyavolumearuslalulintasdiruasjalantersebut,melainkantingginyaaktivitassisijalan(hambatansamping)padaruasjalantersebut.
B.Saran
DaribeberapahasilanalisadankesimpulanyangdiperolehmenunjukkanbahwaruasJl.ImamBonjol-Sisingamangarajamerupakanruasjalanyangrawanakankemacetan,sehinggamunculbeberapasaranyangpenulisberikanuntukmengatasipermasalahanyangterjadi,diantaranya:
1.Diharapkanpenertibanbagipetugasyangberwenanguntukmenertibkanpedagangkakilimayangberjualandipinggirjalansertapenertibanangkutanumumagartidakberhentisembarangandiruasjalanyangriskanakankemacetan.
2.DiharapkanPemdaLampungmembuatlahanparkirbaruyangletaknyatidakjauhdaripasargunamenekanjumlahkendaraanparkiryangparkirdisisijalansertamembuatlampumerahyangdiletakkanpadaSimpangJl.ImamBonjol-Tamingunamenertibkankendaraanyangmelintasagartidakmenambahmasalahkemacetanyangterjadidiruasjalantersebut.
DAFTARPUSTAKA
BPS,2012,KotaBandarLampungDalamAngka,BadanPusatSatistik.Bandar
Lampung
Ifran,Ifsandkk,2015,AnalisisKinerjaRuasJalanDenganMenggunakanMKJIJalanAKBPCekAgusPalembang,UniversitasTridinanti.Palembang.
Koloway,Barry,2009,KinerjaRuasJalanPerkotaanJalanProfDr.SatrioDKIJakarta.InstitutTeknologiBandung.Bandung.
MKJI,1997,ManualKapasitasJalanIndonesia(MKJI).DepartemenPekerjaan
Umum.Jakarta
Rizani,Ahmad,2015,EvaluasiKinerjaJalanAkibatHambatanSamping(StudiKasusJalanSoetoyoSBanjarmasin
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
tugas 9 etika profesi
KODE ETIK PROFESI INSINYUR Etik atau etika mempunyai pengertian sebagai baku perilaku yang diterima secara bersama sekelompok orang “peer” d...
-
TUGAS 4 PENGENALAN DAN PEMAHAMAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS Arus lalu lintas dibentuk oleh pengendara dan kendaraan sehingga terjalin suatu i...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar