Senin, 24 Juni 2019

Skripsi rekayasa lalulintas


ANALISAdanSOLUSIKEMACETANLALULINTASdiRUASJALANKOTA
(StudiKasusJalanImamBonjol-JalanSisingamangaraja)







(Skripsi)




Oleh




CINDYNOVALIA





















FAKULTASTEKNIKUNIVERSITASLAMPUNGBANDARLAMPUNG
2015









ABSTRAK

ANALISAdanSOLUSIKEMACETANLALULINTASdiRUASJALANKOTA(STUDIKASUSJALANIMAMBONJOL–JALANSISINGAMANGARAJA)



Oleh

CINDYNOVALIA



BandarLampungmerupakankotayangmemilikiperanpentingdalampendistribusianbarangdariJawamenujuSumateraataupunsebaliknya.Khususperjalanandalamkota,tepatnyadiJalanImamBonjol,perjalananterbanyakumumnyaterjadidisoreharidimanabanyakorangmelakukanpergerakanserentakdiwaktuyangsamadanmenyebabkankemacetan.

Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuitingkatkemacetanyangterjadidanmemberikansolusiuntukmengatasinya,sertamengidentifikasikemacetannyadenganmencarikecepatanarusbebas,hambatansamping,kapasitas,tingkatpelayananjalan,dantundaanpadasimpang.Olehkarenaituperaturanlalulintasolehdinasterkaitsangatpentingdemimenciptakanketeraturanlalulintasyaitusuatupenataanjalurlalulintassepertiruasjalanyangdiharapkanmampumengatasimasalahkemacetan.




Katakunci:kecepatanarusbebas,hambatansamping,kapasitas,tingkatpelayananjalan,tundaanpadasimpang









ABSTRACT

ANALYSISandTRAFFICJAMSOLUTIONofCITYROADS(CASESTUDYOFIMAMBONJOLSTREET–SISINGAMANGARAJASTREET)



By:

CINDYNOVALIA





BandarLampungisacitywhichplaysimportantroleingooddistributionfromJavatoSumatraIslandandsoforth.InBandarLampung,thereisamainstreetnamedImamBonjolStreet.Thisstreethashighrangeoftravelling,especiallyintraffichourattheeveningwherepeopledohighmobilityatthesametime.Thismassivemobilitywillmaketrafficjaminhighintensity.

Theaimoftheresearcharetodeterminetheintensityoftrafficjam,toidentifythetrafficjambydeterminingitsfreeflowvelocity,sidefriction,capacity,levelofroadservice,trafficjamofintersection,andalsotofindthesolutiontosolvethoseproblems.TheroleofMinistryofTransportationisneededtodecidethetrafficregulationforthesakeoftrafficsafety.Aneffortwhichcanbeimplementedistrafficarrangementwhichcanovercometrafficjamproblem.

Keywords:freeflowvelocity,sidefriction,capacity,levelofroadservice,trafficjamofintersection









ANALISAdanSOLUSIKEMACETANLALULINTASdiRUASJALANKOTA(STUDIKASUSJALANIMAMBONJOL–JALANSISINGAMANGARAJA)










Oleh

CINDYNOVALIA



Skripsi
SebagaiSalahSatuSyaratuntukMencapaiGelar
SARJANATEKNIKPada
JurusanTeknikSipil
FakultasTeknikUniversitasLampung











FAKULTASTEKNIKUNIVERSITASLAMPUNGBANDARLAMPUNG
2016
'










..



:ANDANSOLUSI(!RJ'ANI.Ar.u·
I.JNTASDIRUA&JAi.ANICOTA
(StadiKast•sJalanl111a1nBonjol-Jalan
Sisinga•n•ngaraja)



:CINDYNOVALIA




orPokokMahasiswa:1115011018JI.·




•:SlTeknikSipil



:Teknik





MENYETUJUI,
.,,..


1.KomisiPembimbing






















D.RahayuSulistyorini,S.T.,M.T.
P.19741004200032002
Sasanra,S.T.,M.T.
NIP.161112000031002








2.KetuaJurusanTeknikSipil





















GatotEkoSusllo,S.T.,M.Sc.Ph.D.
NIP.197009151995031006



"'I



MENGESAHKAN














1.TimPenguji







Ketua
.P
:Dr.RahayuSulistyorini,S.T.,M.T.···························











Sekretaris:SasanaPotra,S.T.,M.T.









Penguji
BukanPembimbing:Ir.DwiHerianto,M.T.•••••••••••••••••••••••••••••



































ProftDrs.Suharno,M.Sc.,Ph.D.-
NIP.'196207171987031002






















TanggalLulusUjianSkripsi:22April2016
LEMBARPERNYATAAN










..

Denganinimenyatakandengansebenamyabahwa:






.SkripsidenganjudulANALISAdanSOLUSIKEMACETANLALULINTAS



diRUASJALANKOTA(STUDIKASUSJALANIMAMBONJOL--



-
JALANSISINGAMANGARAJA)adalahkaryasayasendiridansayatidak



melakukanpenjiplakanataupengutipanatasRaryapenulislaindengancara



..·angtidaksesuaitataetikailmiahyangberlakudalammasyarakatakademik



arauyangdisebutplagiarisme,



Hakintelektualataskaryailmiahinidiserahkansepenuhnyakepada



niversitasLampung.






IL-"'.......,~pemyataanini,apabiladikemudianharitemyataditemukanadanya



.CS.:tlio'idakbenaran,sayabersediamenanggungakibatdansanksiyangdiberikan



keoadasayadansayasanggupdituntutsesuaihukumyangberlaku.






BandarLampung,April2016
~


PembuatPemyataan


















CindyNovalia









RIWAYATHIDUP




PenulisdilahirkandiKotaBandarLampungpadatanggal6

November1993.MerupakananakpertamadaritigabersaudaradaripasanganBapakMuhlisiNalahuddin,S.T.,danIbuNaniNuryati.
PenulismemulaijenjangpendidikandariSDNegeriISidodadipadatahun1999danmelanjutkankejenjangsekolahSMPNegeri10BandarLampungpadatahun
2005hinggaluluspadatahun2008.KemudianmelanjutkankeSMANegeri9

BandarLampungdanluluspadatahun2011.



PenulisterdaftarsebagaimahasiswaFakultasTeknik,JurusanTeknikSipil,UniversitasLampungmelaluijalurPenerimaanMahasiswaSNMPTnUndangan.SelamamenjadimahasiswapenulisaktifdiorganisasiHimpunanMahasiswaTeknikSipil(HIMATEKSUNILA)2013.

Padatahun2014penulismelakukanKerjaPraktikpadaProyekPembangunanIBIDarmajayaBandarLampung.PenulisjugatelahmelakukanKuliahKerjaNyata(KKN)diDesaNegeriKelumbayan,KecamatanKelumbayan,diKabupatenTanggamusselama40haripadaperiodeJanuari–Maret2015.










MOTTO








Ifyoufallathousandtimes,standupmillionsoftimesbecauseyoudon’tknow

howcloseyouaretosucces!!!

^.^









PERSEMBAHAN












“Bismillahirrahmanniraahim”




Sekripsiinisayapersembahkankepadakeduaorangtuayangtelahmembantudalammemberikandukunganmateridanmoral.Kepadakakak-adiksayayangtercinta,danteman-temanyangselalubersamasaya,terimakasihsemuaatasdukungannya.









SANWACANA




PujisyukurkehadiratAllahSWT.atasberkatdanRahmatnyasehinggaPenulisdapatmenyelesaikanTugasAkhir(Skripsi)yangberjudul“AnalisadanSolusiKemacetanRuasJalanKota(StudiKasusJalanImamBonjol–JalanSisingamangaraja)”yangmerupakansalahsatusyaratakademismenempuhpendidikandiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasLampung.

Diharapkandengandilaksanakanpenelitianini,Penulisdapatlebihmemahamiilmuyangtelahdiperolehdibangkukuliahsertamenambahpengalamandalamduniakerjayangsebenarnya.SelainituPenulisjugaberharapskripsiinibisamenjadireferensibagipembacatentangsolusikemacetandikotaBandarLampung.

Banyakpihakyangtelahmembantupenulisdalammenyelesaikanskripsiini,penulisinginmengucapkanterimakasihkepada:
1.BapakProf.Drs.Suharno,M.sc.,Ph.D.,selakuDekanFakultasTeknik

UniversitasLampung.

2.BapakGatotEkoSusilo,S.T.,M.Sc.,Ph.D.,selakuketuajurusanTeknikSipil

FakultasTeknikUniversitasLampung.

3. BapakDr.RahayuSulistyorini,S.T.,M.Tselakudosenpembimbing1atasmasukandanbimbinganyangdiberikanselamapenyusunanskripsiini.

4. BapakSasanaPutra,S.T.,M.T.selakudosenpembimbing2atasmasukandanbimbinganyangdiberikanselamapenyusunanskripsiini.
5. BapakIr.DwiHerianto,M.T.,ataskesempatannyauntukmengujisekaligusmembimbingpenulisdalamseminarskripsi.
6. BapakIr.NurArifainiM.S.,selakupembimbingakademisyangtelahbanyakmembantudalamperjalanperkuliahselamaini.
7.BapakdanIbuDosenJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitas

Lampungatasilmubidangsipilyangtelahdiberikanselamaperkuliahan.

8. Keluargakuterutamaorangtuakutercinta,BapakMuhlisiNalahuddinS.P.,danIbuNaniNuryatisertaadikkesayangankuAleezaMonicadanRicoValentinobesertakeluargayangtelahmemberikandoronganmaterildanspiritualdalammenyelesaikanperkuliahanini.
9. KepadatemanskripsiNovriYantiPurbaTanjung,yangmenemanidariawalhinggaahirdalammengerjakanskripsiini.Teman–temanPowerPuffyangselalumembantudalamprosespengerjaanskripsiyaituTutiAlawiya,JefriAgusHidayat,KhoiruNi’mah,AgungSatriaKurniawan,HariBarkahS.T,danSuhardiS.T.Danjugaadik–adiktingkat2013yangtelahbanyakmembantupenelitianini.
10.Sertateman–temandanrekan–rekantekniksipil,kakak–kakak,adik–adiksertayangpalingutamaangkatan2011yangtidakbisasayasebutkansatupersatuuntukbantuanmoril,tempat,waktu,doadandukungannyaselamainisayamengucapkanterimakasihbanyaksemogakitasemuatetapkompakdansuksesselalu.

Penulismenyadaribahwaskripsiinimasihbanyakkekurangandanketerbatasan,olehkarenaitusarandankritikyangbersifatmembangunsangatdiharapkan.AkhirkatasemogaAllahSWT.membalassemuakebaikansemuapihakyangtelahmembantudalampenyelesaianskripsiinidansemogaskripsiinidapatbermanfaatbagipenulisdanpembaca.

BandarLampung,April2016

Penulis,







CindyNovalia












DAFTARISI




Halaman


DAFTARGAMBAR.........................................................................................DAFTARGRAFIK...........................................................................................DAFTARTABEL...........................................................................................
ivvivii

I.
PENDAHULUAN

A.LatarBelakang.......................................................................................



1



B.RumusanMasalah...................................................................................

5



C.Tujuan....................................................................................................

6



D.ManfaatPenelitian.................................................................................

6



E.BatasanMasalah....…………………………………………………….

6


II.

TINJAUANPUSTAKA

A.TingkatAnalisa......................................................................................




8



1.AnalisaOperasional...........................................................................

8



2.AnalisaPerancangan..........................................................................

9



B.PeriodeAnalisa.....................................................................................

9



C.Variabel-variabelPerhitungan...............................................................

9



1.ArusLalu-lintas..................................................................................

9



2.Unsur-unsurLalu-lintas.....................................................................

10





3.KecepatanArusBebas........................................................................11

4.Kapasitas.............................................................................................16

5.DerajatKejenuhan..............................................................................18

6.TingkatPelayananJalan.....................................................................19

7.HambatanSamping.............................................................................19

8.UkuranKota.......................................................................................20

D.Variabel-variabelPerhitunganSimpangTakBersinyal........................21

1.ArusLalu-lintas..................................................................................21

2.Unsur-unsurLalu-lintas.....................................................................22

3.Kapasitas.............................................................................................22

5.Tundaan..............................................................................................27

6.PenelitianTerdahulu..........................................................................29



III.METODOLOGIPENELITIAN

A.PersiapanPenelitian.............................................................................31

B.SurveiPendahuluan..............................................................................31

C.SurveiLapangan...................................................................................32

1.SurveiKondisidanGeometrikJalan.................................................32

2.SurveiKondisiArusLalu-lintas........................................................32

D.AnalisisDataLapangandanHasil.......................................................33



IV.HASILDANPEMBAHASAN

A.DataUmum............................................................................................40

B.KinerjaRuasJalan.................................................................................44

1.SegmenI...........................................................................................44

















2.












3.KinerjaRuasJalan............................................................................53

C.SimpangTidakBersinyal.....................................................................54

1.VolumeLalu-lintasSimpang(Q).....................................................54

2.Kapasitas(C)....................................................................................57

3.DerajatKejenuhan(DS)...................................................................58

4.TundaanSimpang(D)......................................................................59

5.PanjangAntrian..............................................................................59

.
V.KESIMPULANDANSARAN

A.Kesimpulan..........................................................................................61

B.Saran....................................................................................................62



DAFTARPUSTAKALAMPIRAN












DAFTARGAMBAR




GambarHalaman

1.1LokasiJalanImamBonjol-Jl.Sisingamangaraja....................................2

1.2KemacetanLaluLintasdiRuasJalanImamBonjol-Sisingamangaraja...3

2.1FaktorPenyesuaianLebarPendekat(Fw).................................................24

2.2FaktorPenyesuaianBelokKiri(Plt)........................................................25

2.3FaktorPenyesuaianBelokKanan(Prt)....................................................26

2.4FaktorPenyesuaianArusJalanMinor(Fmi)...........................................27

2.5TundaanLaluLintasSimpangVsDerajatKejenuhan............................27

2.6TundaanLaluLintasJalanUtamaVsDerajatKejenuhan......................28

3.1BaganAlirMetodePenelitian..................................................................34

3.2LokasiJalanImamBonjolSegmenI(Jl.ImamBonjol-Tamin)..............36

4.1LokasiSegmenIdanSegmenIIPadaRuasJl.ImamBonjol-Tamin.......41

4.2PersimpanganJalanImamBonjol-Tamin................................................41

4.3LokasiTitikPengamatanPadaSegmenI................................................42

4.4PenampangMelintangJalanPadaSegmenI...........................................42

4.5LokasiTitikPengamatanPadaSegmenII................................................43

4.6PenampangMelintangJalanPadaSegmenII...........................................43



4.7GeometriSimpang..................................................................................44

4.6Persimpanganlalu-lintasJl.ImamBonjol-Tamin..................................56












DAFTARGRAFIK




GrafikHalaman

1.1HubunganAntaraJarak,Waktu,danKecepatanKendaraanPadaRuas

JalanImamBonjol-Jl.Sisingamangaraja...................................................4

4.1FluktuasiJumlahKendaraanArahJl.Tamin-ImamBonjolSegmenI.....28

4.2FluktuasiJumlahKendaraanArahJl.ImamBonjol-TaminSegmenI.....28

4.3FluktuasiJumlahKendaraanArahJl.Tamin-ImamBonjolSegmenII....32

4.4FluktuasiJumlahKendaraanArahJl.ImamBonjol-TaminSegmenII....32

4.5VolumeLalu-lintasKendaraanPadaSimapng.........................................37












DAFTARTABEL




TabelHalaman

2.1NilaiEmpKendaraan...............................................................................11

2.2KecepatanArusBebasDasar(FV0)..........................................................12

2.3PenyesuaianKecepatanArusBebasDasarUntukLebarJalur(Fvw).......13

2.4PenyesuaianKecepatanArusBebasUntukHambatanSamping(FFVsf).14

2.5PenyesuaianKecepatanArusBebasUnrukUkuranKota(FFVcs)...........14

2.6KapasitasDasar(C)...................................................................................15

2.7PenyesuaianKapasitasLebarJalurLaluLintas(FCw).............................15

2.8PenyesuaianKapasitasUntukPemisahArah(FCsp)................................17

2.9PenyesuaianKapasitasUntukHambatanSamping(FCsf)........................17

2.10PenyesuaianKapasitasUntukUkuranKota(FCcs)..................................17

2.11TingkatPelayananJalan............................................................................19

2.12HambatanSamping........................................................................20

2.13KelasUkuranKota..................................................................................21

2.14KapasitasDasar(C0)...............................................................................23

2.15FaktorPenyesuaianMedianJalanUtama(Fm).......................................24

2.16FaktorPenyesuaianUkuranKota(Fcs)...................................................24

2.17FaktorPenyesuaianTipeLengkungJalanHambatanSampingdan25

KendaraanTakBermotor(Frsu)



4.1BesarnyaHambatanSamping.................................................................46

4.2PerbandinganKinerjaSegmenIdanSegmenII......................................54









BABI

PENDAHULUAN




A.LatarBelakang



KotaBandarLampungmerupakanibukotadariprovinsiLampung,Indonesia.KotaBandarLampungyangmenjadipintugerbangpulauSumaterainimemilikiandilpentingdalamjalurtransportasidaratdanaktivitaspendistribusianlogistikdariJawamenujuSumateramaupunsebaliknya.

BerdasarkandataBappedaKotaBandarLampung,BandarLampungmemilikiluaswilayah197,22km²yangterbagiatas20Kecamatandan126
Kelurahan.BerdasarkandataBadanPusatStastikProvinsiLampungpadatahun2014,pendudukkotaBandarLampungadalah1.167.101jiwa.Denganmeningkatnyajumlahpendudukakanmenyebabkanpeningkatanaruslalulintas.
Peningkatanaruslalulintasmenyebabkanmasalahkemacetan.SeiringberjalannyawaktukondisikemacetanyangterjadidiBandarLampungtidaksemakinmembaikmelainkansemakinmemburuk.Halinikarenajumlahkendaraanselalubertambahdantidakdiimbangiolehperluasanareajalanraya.SalahsatutitikkemacetanyangadadikotaBandarLampungadalah



ruasJl.ImamBonjolterlebihPasarGintungdanPasarBambuKuningterletakdiruasjalantersebutakibatnyabanyakditemuipedagangkakilimayangmenjajakandagangannyadipinggirjalan.Halinitentumenambahvolumekemacetanjalanraya.Selainitu,padaruasJl.ImamBonjol-Sisingamangarajajugaterdapatbanyakparkirkendaraanbermotoryangmenggunakanlahanparkirdipinggirjalan,tentuinijugaakanmenambah
masalahkemacetansemakinserius.









PasarGintung
Segmen1Segmen2Segmen3

Jl.ImamBonjol








2836,79



Gambar1.1LokasiJalanImamBonjol-Jl.Sisingamangaraja




Selainmengganggupenggunajalanyangberkendara,pedagangkakilimamaupunpenggunaanlahanparkirdipinggirjalanjugamengganggupenggunajalankakiyangmelintasdiruasjalantsb.BerikutfotokemacetanlalulintasdiruasJalanImamBonjol-Sisingamangarajapukul15.30WIByangterterapadaGambar1.2.









Gambar1.2KemacetanlalulintasdiruasJalanImamBonjol-Sisingamangaraja



DalampenelitianiniruasjalanyangakanditelitiadalahruasJalanImamBonjol-Jl.SisingamangarajaKotaBandarLampung,ruasjalaninidipilihkarenaadanyabeberapapertimbanganantaralain:

1.Padaruasjalanini,tingkatkemacetanyangterjaditerbilangcukuptinggi,terutamapadajam-jamsibuk.Berikutgrafikhubunganantarajarak,waktu,dankecepatanyangdiambildiruasJl.ImamBonjol-Sisingamangarajapadapkl.7.00WIB.Grafikdibuatberdasarkanjarakdanwaktutempuhantaratigasegmenyangakanditelititingkatkemacetannyayangbertujuanuntukmengetahuikecepatanrata-ratakendaraanyangmelewatisegmentersebut.



Grafik1.1Hubunganantarajarak,waktu,dankecepatankendaraanpada

ruasJl.ImamBonjol-Jl.Sisingamangaraja





2.RuasJl.ImamBonjolmerupakanzonakomersialdimanaberdiribeberapapasaryaitupasarBambuKuningdanpasarGintung

3.TingkathambatansampingyangtinggidimanasebagianbesartrotoarsepanjangruasjalaninidimanfaatkansebagaitempatberjualanpedagangkakilimamaupuntempatparkirsehinggaaktivitaspejalankakimemanfaatkansebagianbadanjalanutamaruasJl.ImamBonjol

4.Besarnyajumlahkendaraan/aruslalulintasyangmasukdankeluarruas

Jl.ImamBonjol-Sisingamangaraja



5.Akibatbesarnyajumlahkendaraan/aruslalulintastersebutmenyebabkanwaktutundaanrata-rata(DT)tiapkendaraanmenjadibesar,sehinggamnyebabkanterjadinyaantrian

Adabanyakkerugianyangakanditimbulkanolehkemacetantersebut.Baikdarisegiwaktu,pemborosanenergi,meningkatnyapolusiudarasertakeausankendaraanlebihtinggi(radiatorkendaraantidakberfungsidenganbaik).Olehkarenaitu,makaperludilakukananalisakemacetanlalulintaspadaJalanImamBonjol-SamRatulangisertasolusipemecahannya.


B.RumusanMasalah



Adanyakemacetanlalulintasyangtinggi,sertakurangnyalahanparkiryangmembuatmasalahkemacetansemakinserius,olehkarenanyadiperlukanpengkajiantentangapayangmenjadipenyebabterjadinyakemacetanyangterjadidiruasJl.ImamBonjol-Sisingamangarajadanbagaimanasolusipemecahanmasalahkemacetantersebut.

BerdasarkanGrafik1.1yangterbagimenjaditigasegmen,yaituSegmenI(Jl.ImamBonjol–JalanTamin),SegmenII(JalanTamin–JalanSamRatulangi),danSegmenIII(JalanTamin–JalanSisingamangaraja)makadiperolehtingkatkemacetanyangtertinggiyangterjadipadasegmensatuyaituruasJl.ImamBonjol-Tamin.Olehkarenanya,padapenulisaniniruasjalanyangakanditinjauadalahJl.ImamBonjol-Tamin.



C.Tujuan



Adapuntujuannyaadalah:

1.Mendapatkandatavolumearuslalulintastertinggiyangmelaluiruas

Jl.ImamBonjol-Tamin

2.Menganalisistingkatkemacetanyangterjadidiruastersebut

3.Mengetahuisolusipemecahanmasalahkemacetanyangterjadidiruasjalantersebut.

D.ManfaatPenelitian



Manfaatdilakukannyapenelitianinidiharapkandapatdipergunakanolehpemerintahkhususnyapengelolasistemangkutankota(Organda,LLAJ,Dispenda,daninstansilainnya)sebagaisalahsatumasukanmaupunpertimbangandalammembuatdanmenentukankebijakan-kebijakanpengelolaansistemangkutankotaBandarLampung.

E.BatasanMasalah



Agarpembahasandalampenelitianiniterarah,makamasalahyangdibatasidenganadanyakriteriayangdigunakandalammemilihlokasiyangakandiamati,yaitu:
1.LokasiyangdipilihyaituJalanImamBonjol-Jl.SisingamangarajaBandarLampung,yangterbagimenjaditigasegmenyaitusegmen1(Jl.ImamBonjol-persimpanganJl.Tamin),segmen2(persimpanganJl.Tamin-persimpanganJl.SamRatulangi),dansegmen3(persimpanganJl.SamRatulangi-Jl.Sisingamangaraja).Tetapidalam



penelitianini,hanyadifokuskanpadaSegmenIyaitupadaruasJl.ImamBonjol-Tamin.
2.Kendaraanyangdiamatiyaitukendaraanringan(LV),kendaraanberat(HV),sepedamotor(MC),dankendaraanberodayangmenggunakantenaga(UM)
3.PengamatandilakukanpadahariKamismewakiliharikerjapadapkl

05.00-18.00WIB.

4.Parameter-parameteryangdianalisaantaralain:volumekendaraan,kecepatanarusbebas,hambatansamping,kapasitasdanderajatkejenuhan.









BABIITINJAUANPUSTAKA



Kemacetanmerupakanakibatdariberkembangnyakebutuhantransportasisedangkanperkembanganpenyediaanfasilitastransportasisangatrendah.Sehinggaprasaranayangadatersebuttidakdapatberfungsisebagaimanamestinyadandapatmengganggukebutuhanprasaranatransportasipendudukkota.Selainadanyaketerbatasanpenyediaanprasaranatransportasi,adahal-hallainyangmenyebabkankemacetanlalu-lintas.Kemacetanjugadisebabkanolehkarakteristikpolatatagunalahandenganberagampolayangmenimbulkanbangkitanlalulintas,ketidaksiplinanpengendara,kendaraanbesarmelajudengankecepatanrendah,kecelakaan,danadanyaparkirdisembarangtempatyangakanmengganggulalulintaskota.
Untukitu,dalamrangkamenganalisistingkatkemacetandisebuahruasjalanperlumemperhatikanbeberapahal.


A.TingkatAnalisa



Untukmenganalisaruasjalanperkotaandiberikanduatingkatanalisayangberbeda(MKJI1997)yaitu:


1.AnalisaOperasional

Analisaoperasionaladalahanalisayangdilakukanuntukmenentukan



kinerjasegmenjalanakibataruslalu-lintasyangadaataudiramalkan.Adabeberapahalyangdapatdianalisamelaluianalisaoperasionaldiantaranya:analisakapasitas,yaituarusmaksimumyangdapatdilewatidenganmempertahankantingkatkinerjatertentuuntukmenentukanderajatkejenuhansehubungandenganaruslalulintassekarangatauyangakandatanggunamenentukankecepatanpadajalantersebut.


2.AnalisaPerancangan



AnalisayangdilakukandengantujuanuntukmemperkirakanjumlahlajuryangdiperlukanuntukjalanrencanadimananilaiarusyangdiberikanberupaperkiraanLHRT.


B.PeriodeAnalisa



Dalampenelitianini,analisakapasitasjalandilakukanuntukperiodesatujampuncak,arusdankecepatanrata-rataditentukandenganperiodetersebut.Dalampenulisaniniaruslalulintasdinyatakandalamsatuanmobilpenumpangperjam(smp/jam).


C.Variabel-variabelPerhitunganRuasJalanPerkotaan



1.ArusLalu-lintas



Aruslalulintasyaitugerakkendaraansepanjangjalan.Aruslalu-lintaspadasuatujalanrayadiukurberdasarkanjumlahkendaraanyangmelewatititiktertentuselamawaktutertentu.Dalambeberapahallalu-lintasdinyatakandenganLalu-lintasHarianRata-rata(LHR)bilaperiode



pengamatannyakurangdarisatutahun.

DalamMKJI(1997),definisiaruslalulintasadalahjumlahkendaraanbermotoryangmelewatisuatutitikjalanpersatuanwaktu,dinyatakandalamknd/jam(Qkend),smp/jam(Qsmp),ataulalu-lintasharianrata-ratatahunan(QLHRT).


2.Unsur-unsurLalu-lintas



DalamMKJI(1997),yangdisebutsebagaiunsurlalu-lintasadalahbendaataupejalankakiyangmenjadibagiandarilalu-lintas.Sedangkankendaraanadalahunsurlalulintasdiatasroda.Sebagaiunsurlalu-lintasyangpalingberpengaruhdalamanalisis,kendaraandikategorikanmenjadiempatjenis,yaitu:
a.Kendaraanringan(LV)adalahkendaraanbermotorduaasberodaempatdenganjarakas2,0–3,0m(termasukmobilpenumpang,mikrobusdantrukkecil).
b.KendaraanBerat(HV)adalahkendaraanbermotorlebihdariempatrodaataudenganjarakaslebihdari3,5mmeliputibus,truk2as,truk3as,dantrukkombinasi.
c.SepedaMotor(MC)adalahkendaraanbermotorberodaduaatautigameliputisepedamotordankendaraanberodatiga.
d.Kendaraantidakbermotor(UM)adalahkendaraandenganrodamenggunakantenagaatauhewanmeliputisepeda,becak,keretakuda,keretadorong.



Adapunnilaiekivalenkendaraanberdasarkanstandarperencanaangeometriuntukjalanperkotaandinamakansatuanmobilpenumpang(smp).FaktorekivalentersebutadalahsepertiyangtercantumpadaTabel2.1dibawahini:
Tabel2.1NilaiEmpTipeKendaraan

No.
TipeKendaraan
Jenis
NilaiEmp

1
SepedaMotor(MC)
SepedaMotor
0,5

2
KendaraanRingan(LV)
Colt,PickUp,Station

Wagon
1,00

3
KendaraanBerat(HV)
Bus,Truk
1,30

Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.



3.KecepatanArusBebas



Kecepatanarusbebas(FV)didefinisikansebagaikecepatanpadatingkatarusnol,yaitukecepatanyangakandipilihpengemudijikamengendaraikendaraanbermotortanpadipengaruhiolehkendaraanbermotorlaindijalan.Kecepatanarusbebasdiamatimelaluipengumpulandatalapangan,dimanahubunganantarakecepatanarusbebasdengankondisigeometrikdanlingkunganditentukanolehmetodaregresi.Kcepatanarusbebaskendaraanringandipilihsebagaikriteriandasaruntukkinerjasegmenjalanpadaarus=0.Kecepatanarusbebasuntukkendaraanberatdansepedamotorjugadiberikansebagairefernsi.Kecepatanarusbebasuntukmobilpenumpangbiasanya10-15%lebihtinggidaritipekendaraanlainnya.



Persamaanuntukpenentuankecepatanarusbebasmempunyaibentukumumsebagaiberikut:FV=(FV0+FVW)xFFVSFxFFVCS…………………….......................................................................(2.1)Dimana:
FV=Kecepatanarusbebaskendaraanringanpadakondisilapangan

(km/jam)

FV0=Kecepatanarusbebasdasarkendaraanringanpadajalanyangdiamati
FVW=Penyesuaiankecepatanuntuklebarjalan(km/jam)

FFVSF=Faktorpenyesuaianuntukhambatansampingdanlebarataujarakkrbpenghalang
FFVCS=Faktorpenyesuaiankecepatanuntukukurankota

Adapunbeberapatabeluntukmenentukannilaifaktoryangberpengaruhpadabesarnyakecepatanarusbebasyangakanditentukanadalahsebagaiberikut:
Tabel2.2KecepatanArusBebasDasar(FV0)



TipeJalan
Kecepatanarus


Kendaraanringan
Kendaraanberat
Sepedamotor
Semuakendaraan


LV
HV
MC
(rata-rata)

Enam-lajurterbagi
(6/2D)atau
Tigalajursatu-arah
(3/1)



61



52



48



57

Empat-lajurterbagi
(4/2D)atauDua-lajur-satu-arah(2/1)


57


50


47


55





Tabel2.2KecepatanArusBebasDasar(FV0)Lanjutan



TipeJalan
Kecepatanarus


Kendaraanringan
Kendaraanberat
Sepedamotor
Semuakendaraan


LV
HV
MC
(rata-rata)

Empat-lajur-taktwrbagi(4/2UD)


53


46


43


51

Empat-lajurtak-
terbagi(2/2UD)

44

40

40

42

Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.


Tabel2.3PenyesuaianKecepatanArusBebasUntukLebarJalurLalu-Lintas(FVW)


TipeJalan
Lebarjalurlalu-lintas
efektif
(Wc)(m)

FVW(km/jam)

Empat-lajurterbagi
ataujalansatu
arah

Perlajur

3,00
3,35
3,50
3,75
4,00




-4
-2
0
2
4

Empatlajur-takterbagi
Perlajur
3,00
3,35
3,50
3,75
4,00

-4
-2
0
2
4

Dualajur-tak-
terbagi

Total
5
6
7
8
9
10
11



-9,5
-3
0
3
4
6
7

Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.



Tabel2.4FaktorPenyesuaianKecepatanArusBebasUntukHambatan

Samping(FFVSF)



Tipejalan

Kelashambatan
Faktorpenyesuaianhambatansampingdan
bahu


samping(SCF)
≤0,5m
1,0m
1,5m
≥2m

Empat-lajurterbagi(4/2D)
SangatrendahRendahSedang
Tinggi
Sangattinggi
1,02
0,98
0,94
0,89
0,84
1,03
1
0,97
0,93
0,88
1,03
1,02
1
0,96
0,92
1,04
1,03
1,02
0,99
0,96

Empat-lajur
tak-
terbagi(4/2
UD)

Sangatrendah

RendahSedangTinggi
Sangattinggi

1,02

0,98
0,93
0,87
0,8

1,03

1
0,96
0,91
0,86

1,03

1,02
0,99
0,94
0,9

1,04

1,03
1,02
0,98
0,95

Dualajur-takterbagi(2/2
UD)
atauJalansatuarah
Sangatrendah

RendahSedangTinggi
Sangattinggi
1

0,96
0,91
0,82
0,73
1,01

0,98
0,93
0,86
0,79
1,01

0,99
0,96
0,9
0,85
1,01

1
0,99
0,95
0,91

Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.



Tabel2.5FaktorPenyesuaianKecepatanArusBebasUntukUkuranKota

(FFVCS)

UkuranKota(Juta
Penduduk)

FaktorPenyesuaianuntukukrankota

<0,1
0,9

0,1-0,5
0,93

0,5-1,0
0,95

1,0-3,0
1

>3,0
1,03

Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.




4.Kapasitas



Kapasitasdidefinisikansebagaiarusmaksimummelaluisuatutitikdijalanyangdapatdipertahankanpersatuanjampadakondisitertentu.Untukjalandualajurduaarah,kapasitasditentikanuntukarusduaarah(kombinasiduaarah).Tetapiuntukjalandenganbanyaklajur,arusdipisahkanperarahdankapasitasditentukanperlajur.Nilaikapasitasdiamatimelaluipengumpulandatalapanganselamamemungkinkan.Karenalokasiyangmempunyaiarusmendekatikapasitassegmenjalansedikit(sebagaimanaterlihatdarikapasitassimpangsepanjangjalan),kapasitasjugadiperkirakandarianailisakondisiiringanlalulintas,dansecarateorotisdenganmengasumsikanhubunganmatematikantarakerapatan,kecepatan,danarus.Kapasitasdinyatakandalamsatuanmobilpenumpang(smp).Persamaandasaruntukmenentukankapasitasadalahsebagaiberikut:
C=C0xFCWxFCSPxFCSFxFCCS………………………......……….(2.2)

Dimana:

C=Kapasitas(smp/jam)

C0=Kapasitasdasar(smp/jam)FCW=Faktorpenyesuaianlebarjalan
FCSP=Faktorpenyesuaianpemisahanarah

FCSF=Faktorpenyesuaianutukhambatansampingdanlebarataujarakkrbpenghalang
FFVCS=Faktorpenyesuaiankecepatanuntukukurankota

Jikakondisisesungguhnyasamadengankondisidasar(ideal)yangditentukansebelumnya,makasemuafaktorpenyesuaianmenjadi1,0dan



kapasitasmenjadisamadengankapasitasdasar.Adapunbeberapatabeluntukmenentukannilaifaktoryangberpengaruhpadabesarnyakapasitasyangakanditentukanadalahsebagaiberikut:
Tabel2.6KapasitasDasar(C0)


TipeJalan
Kapasitas
Dasar

Catatan

Empat-lajurtak-terbagiataujalansatuarah
1650
Perlajur

Empat-lajurtak-terbagi
1500
Perlajur

Dualajur-takterbagi
2900
Totalduaarah

Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.



Tabel2.7FaktorPenyesuaianKapasitasLebarJalurLalulintas(FCW)


TipeJalan
Lebarjalurlalulintasefektif
(m)

FCW



Empat-lajurterbagiataujalansatuarah
Perlajur

3
3,25
3,5
3,75
4



0,92
0,96
1
1,04
1,08

Empat-lajurtak-terbagi
Perlajur
3
3,25
3,5
3,75
4


0,91
0,95
1
1,05
1,09

Dua-lajurtak-terbagi
Totalduaarah
5
6
7
8
9
10
11


0,56
0,87
1
1,14
1,25
1,29
1,34

Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.



Tabel2.8FaktorPenyesuaianKapasitasUntukPemisahanArah(FCSP)

Pemisahanarah
SP%-%


50-50

55-45

60-40

65-35

70-30



FCSP
Dualajur
2/2

1

0,97

0,91

0,91

0,88


Empatlajur4/2

1

0,985

0,955

0,955

0,94

Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.



Tabel2.9FaktorPenyesuaianKapasitasUntukHambatanSamping(FCSF)



Tipejalan
Kelas
hambatansamping
Faktorpenyesuaianhambatansampingdanlebarbahu
(FCSF)



LebarbahuefektifWS



≤0,5
1,0
1,5
≥2,0

4/2D
VLL
MH
VH
0,96
0,94
0,92
0,88
0,84
0,98
0,97
0,95
0,92
0,88
1,01
1
0,98
0,95
0,92
1,03
1,02
1
0,98
0,96

4/2UD
VLL
MH
VH
0,96
0,94
0,92
0,87
0,8
0,99
0,97
0,95
0,91
0,86
1,01
1
0,98
0,94
0,9
1,03
1,2
1
0,98
0,95

2/2UDatauJalansatuarah
VL

LMH
VH
0,94

0,92
0,89
0,82
0,73
0,96

0,94
0,92
0,89
0,79
0,99

0,97
0,95
0,9
0,85
1,01

1
0,98
0,95
0,91

Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.



Tabel2.10FaktorPenyesuaianKapasitasUntukUkuranKota(FCCS)

Ukurankota(Jutapenduduk)
Faktorpenyesuaianukurankota

<1,0
0,86

0,1-0,5
0,9

0,5-1,0
0,94

1,0-3,0
1

>3,0
1,04

Sumber:ManualKapasitasJalanIndonesia1997.




5.DerajatKejenuhan



DerajatKejenuhan(DS)didefinisikansebagairasioarusterhadapkapasitas,diggunakansebagaifaktorutamadalammenentukantingkatkinerjasimpangdansegmenjalan.NilaiDSmenununjukanapakahsegmenjalantersebutmempunyaimasalahkapasitasatautidak.
Persamaandasaruntukmenentukannilaiderajatkejenuhanadalahsebagaiberikut:DS=Q/C……………………………….……………………..(2.3)Dimana:
Q=Aruslalulintaspadasegmenjalanyangditinjau

C=Kapasitaslalulintaspadasegmenjalanyangditinjau

Derajatkejenuhandihitungdenganmenggunakanarusdankapasitasdinyatakandalamsmp/jam.DSdigunakanuntukanalisaperilakulalulintasberupakecepatan.Kinerjaruasjalanmerupakanukurankondisilalulintaspadasuaturuasjalanyangbisadigunakansebagaidasaruntukmenentukanapakahsuaturuasjalantelahbermasalahataubelum.
Derajatkejenuhanmerupakanperbandinganantaravolumelalulintasdankapasitasjalan,dimana:
a)Jikanilaiderajatkejenuhan>0,8menunjukkankondisilalulintassangattinggi
b)Jikanilaiderajatkejenuhan>0,6menunjukkankondisilalulintaspadat
c)Jikanilaiderajatkejenuhan<0,6menunjukkankondisilalulintasrendah



6.TingkatPelayananJalan



Kinerjaruasjalandapatdidefinisikansejauhmanakemampuanjalanmenjalankanfungsinya,dimanamenurutMKJI1997yangdigunakansebagaiparameteradalahDerajatKejenuhan(DS)(Koloway,2009).MKJI(1997)jugamenjelaskanbahwatingkatpelayananjalandapatjugadihitungberdasarkanbataslingkupQ/Cruasjalantersebut,sepertiterlihatpadaTabel2.2sebagaiberikut:
Tabel2.11TingkatPelayananJalan

TingkatPelayanan
BataslingkupQ/C

A
0,00-0,19

B
0,20–0,44

C
0,45–0,74

D
0,75–0,84

E
0,85–1,00

F
>1,00

Sumber:MKJI1997


7.HambatanSamping



Hambatansampingadalahinteraksiantaralalulintasdankegiatandisampingjalanyangmenyebabkanpenguranganterhadaparusjenuhdanberpengaruhterhadapkapasitasdankinerjalalulintas(Ifrandkk,2015).
a)Pejalankaki

b)Angkutanumumdankendaraanlainyangberhenti

c)Kendaraanlambat(misalnyabecak,keretakuda)dan



d)Kendaraanmasukdankeluardarilahandisampingjalan
Kelashambatanjalansampingdapatdilihatpadatabel2.3Berikutini:Tabel2.12KelasHambatanSamping



KelasHambatanSamping(SCF)


Kode
JumlahBerbobotKejadian/200m/jam(2sisi)


KondisiKhusus

Sangatrendah
VL
<100
Daerahpemukiman,jalandenganjalansamping.

Rendah
L
100-299
Daerahpemukiman,beberapakendaraanumum.

Sedang
M
300-499
Daerehindustri,beberapatokodisisijalan.

Tinggi
H
500-899
Daerahkomersil,aktivitassisijalantinggi.

SangatTinggi
VH
>900
Daerahkomersil,denganaktivitaspasarsampingjalan.

Sumber:TabelA-4JalanPerkotaan,MKJI1997



8.UkuranKota



UkurankotadiIndonesiasertakeaekaragamandantingkatperkembangandaerahperkotaanmenunjukkanbahwaperilakupengemudipengemudidanpopulasikendaraan(umurkomposisikendaraan,tenagadankondisikendaraan)adalahberanekaragam(Rizani,2015).Kotayanglebihkecilmenunjukkanperilakupengemudiyangkuranggesitdankendaraankurangmodern,sehinggamenyebabkankapasitasdankecepatanlebihrendahpadaarustertentujikadibandingkandengankotayanglebihbesar(MKJI,1997).Ukurankotaadalahjumlahpendudukdidalamkota(juta).



EmpatkelasukurankotadapatdilihatpadaTabel2.4.Dibawahini:

Tabel2.13KelasUkuranKota

UkuranKota(JutaPenduduk)
Faktorpenyesuaianuntukukurankota

<0,1
0,86

0,1-0,5
0,90

0,5-1,0
0,94

1,0-3,0
1,00

>3,0
1,04

Sumber:JalanPerkotaanMKJI1997

BerdasarkankelasukuranKotaBandarLampungtrmasukdalamkelasukurankotabesardenganjumlahpenduduk1.167.101jiwa(Lampungdalamangka
2014).



D.Variabel-variabelPerhitunganSimpangTakBersinyal



1.ArusLalu-lintas



Aruslalulintasyaitugerakkendaraansepanjangjalan(Wells,1993).Aruslalu-lintaspadasuatujalanrayadiukurberdasarkanjumlahkendaraanyangmelewatititiktertentuselamawaktutertentu.Dalambeberapahallalu-lintasdinyatakandenganLalu-lintasHarianRata-rata(LHR)bilaperiodepengamatannyakurangdarisatutahun.(Oglesby,1998).
DlamMKJI1997,definisiaruslalulintasadalahjumlahkendaraanbermotoryangmelewatisuatutitikjalanpersatuanwaktu,dinyatakandalamknd/jam(Qkend),smp/jam(Qsmp),ataulalu-lintasharianrata-ratatahunan(QLHRT).
2.Unsur-unsurLalu-lintas



DalamMKJI1997,yangdisebutsebagaiunsurlalu-lintasadalahbenda



ataupejalankakiyangmenjadibagiandarilalu-lintas.Sedangkankendaraanadalahunsurlalulintasdiatasroda.Sebagaiunsurlalu-lintasyangpalingberpengaruhdalamanalisis,kendaraandikategorikanmenjadiempatjenis,yaitu:
a.Kendaraanringan(LV)adalahkendaraanbermotorduaasberodaempatdenganjarakas2,0–3,0m(termasukmobilpenumpang,mikrobusdantrukkecil).
b.KendaraanBerat(HV)adalahkendaraanbermotorlebihdariempatrodaataudenganjarakaslebihdari3,5mmeliputibus,truk2as,truk3as,dantrukkombinasi.
c.SepedaMotor(MC)adalahkendaraanbermotorberodaduaatautigameliputisepedamotordankendaraanberodatiga.
d.Kendaraantidakbermotor(UM)adalahkendaraandenganrodamenggunakantenagaatauhewanmeliputisepeda,becak,keretakuda,keretadorong.

3.Kapasitas

Kapasitasdidefinisikansebagaiarusmaksimummelaluisuatutitikdijalanyangdapatdipertahankanpersatuanjampadakondisitertentu.
C=CoxFwxFmxFcsxFrsuxFltxFrtxFmi

Dimana:

C=Kapasitas

C0=Kapasitasdasar

Fw=Faktorpenyesuaianlebarmasuk

Fm=Faktorpenyesuaianmedianjalanutama



Fcs=Faktorpenyesuaianukurankota

Frsu=Faktorpenyesuaiantipelengkunganjalan,hambatansamping,dankendaraantidakbermotor
Flt=Faktorpenyesuaian%belokkiri

Frt=Faktorpenyesuaian%belokkanan

Fmi=Faktorpenyesuaianrasioarusjalanminor

Adapunbeberapatabeldangambaruntukmenentukannilaifaktoryangberpengaruhpadabesarnyakapasitasyangakanditentukanadalahsebagaiberikut:
Tabel2.14KapasitasDasar(C0)

TipesimpangIT
Kapasitasdasarsmp/jam

322
2700

342
2900

324atau344
3200

422
2900

424atau444
3400

Sumber:SimpangTidakBersinyalMKJI1997



Penyesuaianlebarpendekat(Fw)diperolehberdasarkanGambar2.1.variabelmasukanadalahlebarrata-ratasemuapendekatW,dantipesimpangIT.Batasnilaiyangdiberikandalamgambaradalahrentangdasarempirisdanmanual.








Gambar2.1FaktorPeyesuaianLebarPendekat(Fw)



Tabel2.15FaktorPenyesuaianMedianJalanUtama(Fm)




Uraian

TipeM

Faktorprnyrsuaianmedian(Fm)


Tidakadamedianjalanutama
Tidakada

1,00

Adamedianjalanutama,lebar<3m
Sempit
1,05

Adamedianjalanutama,lebar≥3m
Lebar
1,20

Sumber:SimpangTidakBersinyalMKJI1997



Tabel2.16FaktorPenyesuaianUkuranKota(Fcs)



Ukurankota
(CS)

PendudukJuta
Faktorpenyesuaianukurankota
Fcs


Sangatkecil

<1,0

0,82

Kecil
0,1-0,5
0,88

Sedang
0,5-1,0
0,94

Besar
1,0-3,0
1,00

Sangatbesar
>3,0
1,05

Sumber:SimpangTidakBersinyalMKJI1997



Tabel2.17FaktorPenyesuaianTipeLengkunganJalanHambatan

SampingdanKendaraanTakBermotor(Frsu)


Kelastipelengkungjalan

Kelashambatansamping

RasiokendaraantakbermotorPum




0,00

0,05

0,10

0,15

0,2

≥0,25




Komrsial

tinggi

0,93

0,88

0,84

0,79

0,74

0,70



sedang

0,94

0,89

0,85

0,80

0,75

0,70



rendah

0,95

0,90

0,86

0,81

0,76

0,71




Pemukiman

tinggi

0,96

0,91

0,86

0,82

0,77

0,72



sedang

0,97

0,92

0,87

0,82

0,77

0,73



rendah

0,98

0,93

0,88

0,83

0,78

0,74


Aksesterbatas

tinggi/sedang/rendah

1,00

0,95

0,90

0,85

0,80

0,75

Sumber:SimpangTidakBersinyalMKJI1997



FaktorpenyesuaianbelokkiriditentukanolehGambar2.2dibawahini.VariabelmasukanadalahbelokkiriPlt,batas-batasyangdiberikanuntukPltadalahrentangdasarempirisdarimanual.


Gambar2.2Faktorpenyesuaianbelokkiri(Plt)



FaktorpenyesuaianbelokkananditentukandariGambar2.3dibawahini.Variabelmasukanadalahbelokkanan.Untuksimpangempatlengan,Frt=
1,0.



Gambar2.3Faktorpenyesuaianbelokkanan(Prt)



FaktorpenyesuaianrasioarusjalanminorditentukanpadaGambar3.4dibawahini.Variabelmasukanadalahrasioarusjalanminor(Pmi).







Gambar2.4Faktorpenyesuaianarusjalanminor(Fmi)



4.Tundaan



Tundaanlalulintassimpangadalahtundaanlalulintas,rata-ratasemuakendaraanbermotoryangmasuksimpang.Adapunbeberapagambaruntukmenentukannilaifaktoryangberpengaruhpadabesarnyatundaanyangakanditentukanadalahsebagaiberikut:


Gambar2.5Tundaanlalulintassimpangvsderajatkejenuhan(Dti)






Gambar2.6Tundaanlalulintasjalanutamavsderajatkejenuhan

Tundaansimpangdapatterjadikarenaduasebabyaitu:

a)TundaanLalulintas(DTI)yangdiakibatkanolehinteraksilalulintasdengangerakanyanglaindalamsimpang
Adapuntundaanlalulintas(Dti)menggunakanrumus:

Dtmi=(QtotxDti–QmaxDtma)/Qmi.........................................(2.5)

b)TundaanGeometrik(DG)yangdiakibatkanperlambatandanpercepatankendaraanyangterganggudantakterganggu.
c)Adapungeometrik(DG)menggunakanrumus:

DG=(1-DS)x(Ptx6+(1-Pt)x3)+DSx4(det/smp)......................(2.6)

UntukDS≥1,0:DG=4

Dimana:

DG=Tundaangeometriksimpang

DS=Derajatkejenuhan



Pt=Rasiobeloktotal

Adapuntundaansimpangdapatdihitungmenggunakanrumusyaitu:

D=DG+DTI...............................................................................................................................(2.7)Dimana,
DG=Tundaangeometriksimpang

DTI=Tundaanlalulintasjalanminorrata-rata



5.PenelitianTerdahulu



AdapunbeberapapenelitianterdahuluyangdipakaidalampenelitianiniadalahjurnalperencanaanwilayahdankotamilikBarrySetyantoKoloway(2009)denganjudul“KinerjaRuasJalanProf.Dr.SatrioDKIJakarta”.HasilpenelitianmenunjukkanbahwatotaljumlaharusterbesarduaarahberadapadajampuncakharikerjaSeninsoredanjampuncakhariliburSabtusiang.PadaharikerjaSeninsore,jumlahtotalarusmencapai4184,9smp/jamuntukarahBarat-Timur,serta3314,8smp/jamuntukarahTimur-Barat.Padaharilibur,tepatnyaSabtusiang,jumlaharusarahBarat-Timurmencapai3082,2smp/jamdanarahTimur-Baratsejumlah3080,2smp/jam.Hasilperhitungankapasitasjalanmenunjukkanbahwakapasitasaktualjalantahun2009untukharikerjaSeninsoreadalah5204smp/jam(Barat-Timur)dan4433smp/jam(Timur-Barat).SedangkanuntukhariliburSabtusiang,kapasitasaktualjalanuntukarahBarat-Timursebesar5337smp/jamdanarahTimur-Baratsebesar4547smp/jam.Perbandinganantaratotalarusdengankapasitasjalanmenghasilkanderajatkejenuhan.Nilaiperbandingantersbutjugayangakanmenjadipenentutingkatpelayananjalan.Tingkat



pelayananjalanpadajampuncakharikerjamencapaiLoSDdanLoSC.Melaluianalisiskinerjaruasjalantahun2014makadapatdiketahuibahwakinerjajaringanjalantahun2014mengalamipenurunanyangcukupsignifikanbiladibandingkandengankinerjapadatahun2009..Padatingkatpelayananjalan,padahariSeninsoremencapaitingkatpelayananFdanEyangberartitingkatpelayanannyaburuk.Untukmengatasiburuknyakinerjaruasjalanpadatahun2014,makadiajukanalternatifpenangananuntukmeningkatkankinerjaruasjalan.
SelainjurnalmilikBarrySetyantoKoloway,padapenelitianinijugamenggunakanjurnaldesiminasiteknologimilikIfsanIfrandkkdenganjudul“AnalisisKinerjaRuasJalanDenganMenggunakanMKJIJalanAKBPCekAgusPalembang”.HasilpenelitianmenunjukkanbahwabesarvolumearuslalulintaskendaraandijalanAKBPCekAgusarahsimpangpatalpadapagihariyaitu1704(smp/jam),sianghari1466(smp/jam)dansoreharimencapai1804(smp/jam)danjumlahtotalmodatransportasiyaitu
27.666kendaraandengandidominasiolehkendaraanbermotordenganpresentasi63,2%.DengantingginyatingkatvolumelalulintasyangterjadidantidakmemadainyalagikapasitaspadaruasjalanAKBPCekAgus,mengakibatkanterjadinyakemacetanpadaruasjalan.Halinimenimbulkanketidaknyamanandankeamanandidalamberkendara.Adapuntingkatpelayananjalan(LOS)padajalanAKBPCekAgusarahSimpangPatalberadapadalevelC.DimanaArusstabil,kecepatanterbataskepadatanlalulintasmeningkat,hambatanmeningkatdanpengemudimemilikiketerbatasanuntukmemilihkecepatan,pindahlajurataumendahului.









BABIIIMETODOLOGIPENELITIAN




A.PersiapanPenelitian



Sebelummelakukansemuakegiatanpelaksanaanpenelitian,makaperludilakukanpekerjaanpersiapan.Adapunhal-halyangperludipersiapkanantaralain:
1)Mencaridanmengumpulkaninformasiyangberkaitantentangtopikpenelitiansebanyakmungkinuntukmemudahkanpekerjaananalisisselanjutnya.
2)Mengumpulkanliteraturpendukungyangakandigunakandalamprosesanalisisbaiksecaramanualmaupunmenggunakansistemkomputerisasi.
3)Mengumpulkanbahan-bahanalternatifdaripenelitian-penelitiansebelumnyayangrelevandenganpenelitianyangdilakukansebagaibahanpembandingterhadappenelitianyangakandilakukan.

B.SurveiPendahuluan



Surveypendahuluandilakukangunamendapatkaninformasilebihawalmengenaikondisiaktualdilapangan.PadasurveyinidilakukanpengenalandanpenentuanbatasruasJalanImamBonjolyangakanditelitisertauntuk



mendapatkaninformasikondisijalaneksistingdanpenandaantitik-titikyangperlumendapatkanperlakuankhusus.Berdasarkansurveypendahuluaninidikumpulkaninformasiyangselanjutnyaakandigunakansebagaiacuanpelaksanaansurveyyangselanjutnyadigunakansebagaiacuanpelaksanaansurveylapanganyangselanjutnya.

C.SurveyLapangan



Surveylapanganyangakandilaksanakandalampenelitianiniadalahprosespengumpulandatalapanganyanglengkap.Adapundatalapanganyangharusdiambiladalahsebagaiberiku:
1.SurveyKondisidanGeometrikJalan

Tujuandarisurveyiniadalahuntukmendapatkandataumummengenaikondisipotonganmelintangdarigeometrikjalanyangbersangkutan.
Datayangdiperolehdarisurveyiniadalah:

a)Informasitentangpotonganmelintangjalan

b)Awalruasdanakhirdarisurveyiniharusjelasdansesuaidenganruasyangditetapkanpadasurveylainnya.
c)Datayangdiperolehdicatatdalamformulir

2.SurveyKondisiArusLalulintas

Surveyinidilakukanuntukmengetahuikondisiaruslalulintasyangadapadadaerahstudi.Datamasukanarusdankomposisilalulintaskemudiandicatatdalamformuliryangtelahdibuat.Datayangharusdiperolehpadasurveyiniadalahdataaruskendaraan/jamyangsudahdisesuaikanuntukmasing-masingtipekendaraan.



D.AnalisisDataLapangandanHasil



Padatahapinidatayangtelahterkumpulselanjutnyaakandianalisa.Adapundatayangdidapatkanmeliputi:
1)Volumekendaraantertinggiyangterjadipadajampuncakdiruasjalanyangakanditeliti
2)Kecepatanarusbebaskendaraanringan

3)Kapasitasdarisegmenjalanyangdiamati

4)Derajatkejenuhanyangterjadipadasegmenyangdiamati

5)Tundaanyangterjadipadasimpang


Adapunlangkah-langkahpelaksanaanpenelitianiniterlihatpadabaganaliryangterteradilembarberikutnya.





MULAI


PERSIAPANPENELITIAN

1.Menetapkanlokasistudi
2.Mengumpulkaninformasiawalmengenaidenahstudi
3.Studikepustakaan

SURVEYPENDAHULUAN

1.Penentuantitiksurvey
2.Penentuanjumlahsampel

SURVEYLAPANGAN




DATAPRIMER

1.Kondisigeometrikjalan
2.Volumearuslalulintas
3.Hambatansamping

DATASEKUNDER

JumlahpendudukkotaBandarLampungtahun2014danfaktorkelasukurankota(Fcs)





ANALISAPENDUKUNG

1.Kecepatanarusbebaskendaraan
2.Kapasitas
3.Perilakulalulintas
a.Derajatkejenuhan
b.Penilaianperilakulalulintas




KESIMPULAN



Gambar3.1Baganalirmetodepenelitian



BerdasarkanGrafik3.1dikatakanbahwapenelitianinidibagimenjadibeberapatahap.Sebelummelakukansurveypendahuluan,diperlukanpersiapanpenelitianyangbertujuanuntukmengumpulkaninformasiyangterkaitpadapokokbahasanyangakanditeliti.Selainpersiapan,penelitianinijugadilakukanbeberapatahapan,yaitusebagaiberikut:

1.SurveyPendahuluan

Surveyinibertujuanuntukmenentukantitiksurveidanjumlahsampelyangakandilakukandalampenelitianini.PenentuantitiksurveidilakukandikeduasegmenruasJalanImamBonjol-Tamin,yaituSegmenIberadapadaJl.ImamBonjol-Taminyangberjarak0msampaidengan400mdaripintumasukJalanImamBonjol(PasarGintung),sedangkanSegmenIberadapadajarak400msampaidengan900mdaripintumasukJalanImamBonjol(PasarGintung).
2.SurveyLapangan

Surveyinidilakukansetelahmelakukansurveypendahuluan.Surveylapanganterdiridariduadatayangdibutuhkanuntukmelakukansurveylapangan,yaituberupadataprimerdandatasekunder.
a)DataPrimer

Adapundataprimeryangdigunakandalampenelitianiniadalahberupa:

1)KondisiGeometrikJalan

Dalampenelitianini,datakondisigeometrikjalanmenjadihalutamadalammenentukantingkatkemacetanyangterjadipadaruasjalanyangakanditeliti.AdapunlokasipenelitianterterapadaGambar3.2Sebagaiberikut:


























Jl.ImamBonjol
Jl.ImamBonjol
Jl.ImamBonjol

Keterangan

Perboden
PosSatpolPPBambuKuning
Center

Jembatan
U

Ruko

PasarGintung


GerejaMarturia








Gambar3.2LokasiJalanImamBonjolSegmenI(Jl.ImamBonjol-Tamin)



2)VolumeArusLaluLintas

Volumearuslalulintasyangakanditelitipadapenelitianiniadalahjumlahkendaraanyangmelewatititikpengamatanyangditentukanyaitutitik1padaSegmenIdantitik2padaSegmenII.Pendataandilakukanmenggunakankamerayangterpasangdimasing-masingtitikpadahariyangtelahditentukandaripukul5.00WIBsampaidenganpukul18.00
WIB.

3)HambatanSamping

Selainkondisigeometrikjalandanvolumearuslalulintas,hambatansampingjugamerupakanpoinpentingdalampenelitianini.HambatansampingyangditelitiadalahhambatansampingyangberadapadaSegmenI.HalinidikarenakanpadaruasjalanSegmenIterdapatpasarGintung,dimanabanyaknyaaktivitassampingjalanyangmenggangguaruslalulintaspadaruasjalantersebut.Pengamatanhambatansampingpadapenelitianinidilakukanpadahariyangditentukan,yaitudenganmenghitungjumlahaktivitassampingjalanpada200mterbanyakaktivitassisijalannya.Adapundurasipengamatanhambatansampinginidilakukanpadapukul05.00WIBsampaidenganpukul06.00WIB,pukul
7.00WIBsampaidenganpukul08.00WIB,pukul12.00WIBsampaidenganpukul13.00WIB,danpukul17.00WIBsampaidenganpukul
18.00WIB.



b)DataSekunder


DatasekunderyangdigunakandalampenelitianiniadalahdatajumlahpendudukdikotaBandarLampungpadatahun2014.DatainidiperolehdariBadanPusatStatistikProvinsiLampungyaitumelaluiwebsiteresmiBPS(Lampung.bps.go.id).DatajumlahpendudukkotaBandarLampunginidigunakanuntukmenentukanfaktorkelasukurankota(Fcs).

3.AnalisaPendukung

Adapunanalisapendukungdalapenelitianiniterbagimenjadibeberapahalyaitusebagaiberikut:
a)KecepatanArusBebasKendaraan

Dalampenelitianini,kecepatanarusbebasyangdigunakanadalahberdasarkanperhitungandaridataLHRyangdiperoleh,tidakberdasarkanpengamatanlangsung.
b)Kapasitas

Kapasitasdidapatkanmelaluiperhitunganperolehandataprimeryangtelahdilakakukan.
c)PerilakuLaluLintas

1)DerajatKejenuhan

2)PenilaianPerilakuLaluLintas


Nilaiderajatkejenuhandidapatkanmelaluiperolehandataprimeryangtelahdiamatidalampenelitianini.Setelahdidapatkannilaiderajatkejenuhan,makaakanterlihattingkatpelayananjalanpadaruasjalanyangakandiamati.Halinidimasukkankedalampenilaianperilakulalulintas



titikIdantitikIIdankemudianmembandingkannya,sehinggaterlihatperilakulalulintaspadamasing-masingtitikpadaruasjalanyangditeliti.

4.Kesimpulan

SetelahmenganalisatingkatkemacetandiruasJalanImamBonjol-Taminmelaluibeberapaparameteryangdiperolehmelaluidataprimerdandatasekunder,makadidapatkankesimpulansertabeberapasaranpemecahanmasalahkemacetandiruasjalantersebut.









BABV


KESIMPULANDANSARAN






A.Kesimpulan



Berdasarkanhasilpenelitiandananalisisyangdilakukan,makadiperolehbeberapakesimpulansebagaiberikut:
1.Berdasarkangrafikvolumelalulintas,didapatkannilaivolumekendaraantertinggiberadapadapukul17.00-18.00WIB.BesarnyanilaivolumekendaraanpadaSegmenIarahJl.Tamin-ImamBonjoladalah1280,9smp/jam,sedangkanpadaarahJl.ImamBonjol-Taminadalahsebesar670smp/jam.PadaSegmenIInilaivolumekendaraanarahJl.Tamin-ImamBonjoladalah876smp/jam,sedangkanpadaarahJl.ImamBonjol-Taminadalahsebesar993,1smp/jam.
2.Nilaiderajatkejenuhan(DS)yangdiperolehberdasarkanpengamatanpadaSegmenIadalahsebesar0,75.HalinimenandakanbahwakondisilalulintastergolongpadatdengantingkatpelayananjalantersebutadalahE.NilaiDSpadaSegmenIIadalahsebesar1,17.HalinimenandakanbahwakondisilalulintastergolongpadatdengantingkatpelayananjalantersebutadalahF.NilaiderajatkejenuhanSegmenIIlebihbesarjikadibandingkanSegmenI,halinidikarenakanvoulmelalulintasSegmenIIlebihbesardan
62




kapasitasSegmenIIlebihsedikitjikadibandingkanSegmenI.SedangkannilaiDSpadaSimpangJl.ImamBonjol-Taminadalahsebesar1,31.HalinimenandakanbahwakondisilalulintasSimpangtergolongsangattinggipadatingkatpelayananjalanadalahFdimanaDS>1.
3.PadaruasJalanImamBonjol–JalanTaminmemilikitingkatkemacetanyangtergolongpadat.Halinidikarenakanbukankarenatingginyavolumearuslalulintasdiruasjalantersebut,melainkantingginyaaktivitassisijalan(hambatansamping)padaruasjalantersebut.

B.Saran



DaribeberapahasilanalisadankesimpulanyangdiperolehmenunjukkanbahwaruasJl.ImamBonjol-Sisingamangarajamerupakanruasjalanyangrawanakankemacetan,sehinggamunculbeberapasaranyangpenulisberikanuntukmengatasipermasalahanyangterjadi,diantaranya:
1.Diharapkanpenertibanbagipetugasyangberwenanguntukmenertibkanpedagangkakilimayangberjualandipinggirjalansertapenertibanangkutanumumagartidakberhentisembarangandiruasjalanyangriskanakankemacetan.
2.DiharapkanPemdaLampungmembuatlahanparkirbaruyangletaknyatidakjauhdaripasargunamenekanjumlahkendaraanparkiryangparkirdisisijalansertamembuatlampumerahyangdiletakkanpadaSimpangJl.ImamBonjol-Tamingunamenertibkankendaraanyangmelintasagartidakmenambahmasalahkemacetanyangterjadidiruasjalantersebut.








DAFTARPUSTAKA






BPS,2012,KotaBandarLampungDalamAngka,BadanPusatSatistik.Bandar

Lampung


Ifran,Ifsandkk,2015,AnalisisKinerjaRuasJalanDenganMenggunakanMKJIJalanAKBPCekAgusPalembang,UniversitasTridinanti.Palembang.

Koloway,Barry,2009,KinerjaRuasJalanPerkotaanJalanProfDr.SatrioDKIJakarta.InstitutTeknologiBandung.Bandung.

MKJI,1997,ManualKapasitasJalanIndonesia(MKJI).DepartemenPekerjaan

Umum.Jakarta


Rizani,Ahmad,2015,EvaluasiKinerjaJalanAkibatHambatanSamping(StudiKasusJalanSoetoyoSBanjarmasin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tugas 9 etika profesi

KODE ETIK PROFESI INSINYUR Etik atau etika mempunyai pengertian sebagai baku perilaku yang diterima secara bersama sekelompok orang “peer” d...